Warga Kota Bekasi Sebut Kartu Sehat Berbasis NIK Kurang Sakti Lagi

Warga Kota Bekasi menilai Kartu Sehat berbasis NIK sudat tidak sakti lagi untuk melayani pengobatan di Kota Bekasi.

Warga Kota Bekasi Sebut Kartu Sehat Berbasis NIK Kurang Sakti Lagi
WARTA KOTA/MUHAMMAD AZZAM
Pemerintah Kota Bekasi bakal menanggarkan Rp 400 miliar pada tahun 2019 untuk program Kartu Sehat (KS) Bekasi berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) tersebut. 

Warga Kota Bekasi mempertanyakan Kartu Sehat berbasis NIK sudah tidak seperti dulu lagi, apalagi warga yang juga memiliki dan berstatus aktif jaminan BPJS Kesehatan.

WARTA KOTA, BEKASI--- Warga Kota Bekasi menilai Kartu Sehat Berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS NIK) milik pemerintah daerah kurang sakti lagi.

Warga yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, kini tidak bisa menggunakan KS NIK untuk keperluan berobat di rumah sakit swasta.

Terminal Terpadu Pulogebang Ramai Sejak Harga Tiket Pesawat Naik

Seperti yang diungkapkan oleh Rukiah (70), ibu rumah tangga yang tinggal di Perumahan Mustikasari Asri, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi.

Pada bulan Desember 2018, dia tidak bisa berobat ke rumah sakit swasta menggunakan KS NIK dengan alasan sudah terdafar sebagai BPJS Kesehatan milik pemerintah pusat.

"Pas kartu KS NIK saya tunjukan ke petugas dan nama dimasukan ke sistem, tiba-tiba petugas bilang saya tidak bisa pakai KS NIK karena aktif terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan," kata Rukiah, Jumat (8/2/2019).

Empat Lembaga Survei Ini Sebut Jokowi-Maruf Amin Masih Unggul Dibanding Prabowo-Sandiaga Uno

Rukiah menyesalkan peristiwa ini karena beberapa waktu lalu pemerintah daerah telah menjamin kesehatan warganya di rumah sakit.

Apalagi dia telah mendapat surat rujukan dari dinas terkait soal kesehatan matanya.

Kepada Rukiah, petugas rumah sakit swasta itu menjelaskan dia tetap bisa menggunakan KS NIK, namun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasbullah Abdul Madjid Kota Bekasi.

"Berarti sekarang KS NIK hanya bisa dipakai di layanan kesehatan milik pemerintah saja dong," ujarnya.

Ratusan Anak Jalanan Terjaring Razia di Bekasi

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved