VIDEO: Satgas Sterilisasi Busway Efektif Tekan Kecelakaan

Satgas ini dibentuk guna menurunkan tingginya angka kecelakaan akibat menerobos jalur busway dan melawan arah di wilayah Jakarta Timur.

- Banyaknya pengendara yang menerobos jalur bus transjakarta di Jakarta Timur menyebabkan pihak kepolisian membentuk Satgas Sterilisasi Busway dan Lawan Arah.

Satgas ini dibentuk guna menurunkan tingginya angka kecelakaan akibat menerobos jalur busway dan melawan arah di wilayah Jakarta Timur.

Katim Satgas Sterilisasi Busway Aiptu Tarwono menyebut, ada beberapa lokasi yang menjadi titik fokus pengoperasian, yaitu di sepanjang Jalan Otista Raya, DI Panjaitan, sepanjang jalur busway di delan Stasiun Jatinegara, Jalan Raya Kalimalang, dan daerah Pondok Kopi.

"Untuk Satgas sendiri ada di sepanjang Jalan Otista, sepanjang Stasiun Jatinegara, sepanjang DI Panjaitan, Kalimalang, dan Pondok Kopi," ucapnya kepada wartawan, Kamis (7/2/2019).

"Setiap hari kami muter terus ke lokasi rawan," tambahnya.

Tak hanya melakukan penilangan terhadap penerobos jalur busway dan pelawan arah, Satgas ini juga menindak sejumlah pelanggaran kasat mata yang acap kali terjadi.

"Pelanggaran kasat mata, seperti parkir di bawah rambu larangan parkir dan berhenti juga kami tindak," ujsrnya saat ditemui di depan Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur.

Dikatakan Tarwono, sejak dibentuk pada 31 Januari 2019 lalu, Satgas ini berhasil menurunkan angka kecelakaan di wilayah Jakarta Timur hingga 25 persen.

"Alhamdulillah sangat efektif mengurangi angka kecelakaan, penurunan cukup signifikan hingga 25 persen," kata Tarwono.

Tak hanya itu, semakin hari jumlah penerobos jalur busway dan pelawan arus di Jakarta Timur sendiri semakin menurun.

"Untuk hari ini kami tindak 85 pengendara, sementara kemarin di jam yang sama hingga pukul 09.00 WIB kurang lebih 165 pelanggar," ucapnya.

"Alhamdulillah menurun hampir 50 persen," tambahnya.

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved