Mulai Hari Ini Kapal Tujuan Pulau Sebira Beroperasi, Tarifnya Rp 74 Ribu

Menurut Sigit Widjatmoko, perjalanan menuju Pulau Sebira memakan waktu tempuh 2,5 jam, dan menghabiskan bahan bakar sekitar 1.750 liter.

Mulai Hari Ini Kapal Tujuan Pulau Sebira Beroperasi, Tarifnya Rp 74 Ribu
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Kapal Dishub DKI Jakarta yang melayani rute Kepulauan Seribu. 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan pelayanan transportasi berupa kapal menuju pulau terluar wilayah DKI Jakarta, Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, pihaknya telah melakukan uji coba kapal pada pekan lalu, dengan melayani rute Pulau Harapan dan Pulau Kelapa.

“Mulai hari ini baru sampai Pulau Kelapa dan Harapan, belum sampai Pulau Sebira, karena memang belum ada permintaan penumpang, tapi intinya kita siap layani,” ujar Sigit Widjatmoko, Kamis (7/2/2019).

lndonesia Kirim Nota Keberatan ke Filipina karena Sebut WNI Terlibat Bom Bunuh Diri di Gereja

Menurut Sigit Widjatmoko, perjalanan menuju Pulau Sebira memakan waktu tempuh 2,5 jam, dan menghabiskan bahan bakar sekitar 1.750 liter untuk trip Muara Angke-Pulau Kelapa-Pulau Sebira pulang pergi (PP) dalam kondisi cuaca baik.

“Khusus untuk tarif yang ditetapkan berdasarkan Perda Retribusi sebesar Rp 70 ribu berikut peron Rp 2 ribu dan asuransi Rp 2 ribu,” jelasnya.

Dengan adanya proses uji coba kapal Chabing Nusantara yang akan melayani rute Pulau Sebira, Sigit Widjatmoko berharap pekan depan sudah dapat melayani warga maupun wisatawan yang hendak melakukan perjalanan ke Pulau Sebira.

Bukan dari Rusia, Sandiaga Uno Sebut Konsultan Terbaik Adalah Rakyat

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah melakukan uji coba dan pengoperasian enam kapal baru pengadaan tahun 2018 yang diberi nama Indra, Kemala, Samudra Biru, Chabing Nusantara, Dewandra, dan Bathara.

Tiga kapal beroperasi untuk rute Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Pari-Pulau Pramuka-Pulau Tidung, dengan harga tiket Rp 40 ribu per orang, dan tiga kapal untuk tujuan Muara Angke-Pulau Lancang-Pulau Payung-Pulau Tidung-Pulau Kelapa, dengan harga tiket sebesar Rp 50 ribu. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved