Luhut Binsar Panjaitan Ungkap Penyebab Perang Dagang Antara Amerika Serikat dan China

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan jika Amerika Serikat dan China saat ini tengah perang dagang.

Luhut Binsar Panjaitan Ungkap Penyebab Perang Dagang Antara Amerika Serikat dan China
Istimewa
Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan. (Dok. Humas Menko Maritim) 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) RI, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan tak mengelak jika saat ini Amerika Serikat dan China tengah perang dagang.

Perang dagang antara Amerika Serikat dan China, menurut Luhut Binsar Panjaitan, tidak lain disebabkan oleh begitu luar biasanya perkembangan ekonomi di China.

Salah satu faktor kebangkitan ekonomi China, kata Luhut Binsar Panjaitan, dikarenakan banyak tumbuh usaha kecil kemasyarakatan atau UMKM.

"Perkembangan China ini sangat luar bisa. Mengapa? Karena UMKM di sana begitu berkembang dan kita pun belajar dari China," ujar Luhut dalam Seminar NAsional bertema Pengembangan UMKM dan Workshop Menembus Pasar Digital diSheraton Ballroom, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (7/2/2019).

Pada tahun 2000, dikatakan Luhut, China berada pada peringkat kelima dan terus meningkat pada tahun 2017 berada di peringkat kedua ekonomi dunia.

Raih Sukses di Era Digital, Pengusaha Muda Ini Ungkap Tak Pegang Ponsel Selama 3,5 Jam

Kalori Bisa Terbakar Ketika Tidur, Ada Cara Menghitungnya

Terungkap Polisi Pastikan Selebgram Reva Alexa adalah Transgender dengan Nama Asli Yogi Saputra

Keberhasilan China dalam membangun ekonomi melalui UMKM, lanjutnya, menjadi salah satu pelajaran penting bagi Indonesia di mana memiliki lebih banyak potensi UMKM untuk dikembangkan.

Hanya saja, kata Luhut, belajar dari bagaimana China berkembang tetap tidak mengubah arah pembangunan bangsa yang mandiri dengan mengoptimalkan potensi yang ada.

"Presiden Jokowi sudah mengatakan bahwa ekonomi kita tidak berkiblat ke AS ataupun ke China, kita harus bisa membangun ekonomi kita sendiri," demikian Luhut.

Seminar tersebut digelar dalam rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur 2019 yang kini menjadikan Kota Surabaya sebagai tuan rumah.

Penulis: Panji Baskhara
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved