Konektor Lampu PJU di Bekasi Dicuri, Kalau Dijual Lagi Paling Mahal Dihargai Rp 20 Ribu per Unit

SEBANYAK enam konektor atau penghubung lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kota Bekasi, raib dicuri.

Konektor Lampu PJU di Bekasi Dicuri, Kalau Dijual Lagi Paling Mahal Dihargai Rp 20 Ribu per Unit
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Petugas Suku Dinas Energi Jakarta Pusat tengah memasang lampu penerangan jalan umum di Jalan Gerbang pemuda, Jakarta Pusat, Rabu (18/7/2018). 

SEBANYAK enam konektor atau penghubung lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kota Bekasi, raib dicuri.

Akibatnya, 180 tiang PJU di sejumlah jalan di Kota Bekasi sempat padam. Kepala Bidang PJU pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi Priyadi mengatakan, persoalan tersebut kini telah ditangani oleh tim unit reaksi cepat (URC).

Menurutnya, konektor merupakan komponen penting yang berfungsi menghubungkan 30 tiang PJU untuk menyalakan lampu saat malam hari.

Polisi Ciduk Pencipta Lagu Dangdut Goyang Nasi Padang karena Isap Sabu

"Kalau hilang, ya lampu tidak akan menyalam karena komponen konektornya tidak ada," kata Priyadi, Kamis (7/2/2019).

Priyadi menjelaskan, kasus pencurian konektor PJU rawan terjadi di daerah Mustikajaya, Bantargebang, Pondokmelati, Rawalumbu, dan Bintara Jaya. Pelaku mengambil komponen itu karena posisinya berada di ketinggian 1,5 meter di tiang PJU.

Padahal, bila dijual kembali, harga konektor hanya dihargai sekitar Rp 10 ribu-Rp 20 ribu per unit. Sedangkan harga barunya berkisar Rp 150 ribuan.

Sudah Selidiki CCTV, Polisi Belum Temukan Pembacok Remaja di Tanjung Duren

"Lokasi PJU yang menjadi sasaran biasanya berada di daerah pinggiran, karena letaknya jauh dari pengawasan petugas," ungkapnya.

Guna mengantisipasi pencurian serupa, pihaknya mulai mencari cara, salah satunya dengan menandai pewarna di konektor, sehingga komponen yang dicuri tidak bisa dijual kembali.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bekasi dan kepolisian setempat untuk mengatasi hal ini.

Sudah Selidiki CCTV, Polisi Belum Temukan Pembacok Remaja di Tanjung Duren

"Pengawasan juga kita tingkatkan dari tim URC untuk mengurangi ruang pelaku untuk mencuri. Selain itu, pengerahan petugas juga untuk menanggulangi secara cepat bila lampu padam," jelasnya.

Sekretaris Dinas BMSDA Kota Bekasi M Solikhin menambahkan, pemerintah daerah telah mengalokasikan dana sekitar Rp 1,5 miliar untuk perbaikan dan pemeliharaan PJU.

Untuk tahun ini, pemerintah berencana akan memasang 450 titik PJU baru dari APBD Kota Bekasi dan pemberian berupa hibah dari DKI Jakarta.

PAN Minta Mandala Shoji Menyerahkan Diri, Ikhlas Bila Namanya Dicoret KPU dari Daftar Caleg

"Untuk APBD dialokasikan Rp 900 juta dengan jumlah 175 unit PJU dan 275 unit PJU dari hibah DKI," kata Solikhin.

Berdasarkan data dari Dinas BMSDA Kota Bekasi, jumlah PJU saat ini mencapai 37.853 unit yang tersebar di 12 kecamatan di wilayah setempat. Pemerintah menyatakan, idealnya jumlah PJU di Kota Bekasi mencapai 80 ribu unit PJU. (*)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved