Kasus Ahmad Dhani

Ditahan di Rutan Medaeng Surabaya Mulai Hari Ini, Ahmad Dhani Bakal Disidang Setiap Selasa dan Kamis

SIDANG perdana kasus ujaran kebencian yang menjerat Ahmad Dhani Prasetyo (ADP), digelar di Ruang sidang Cakra, PN Surabaya, Kamis (7/2/2019).

Ditahan di Rutan Medaeng Surabaya Mulai Hari Ini, Ahmad Dhani Bakal Disidang Setiap Selasa dan Kamis
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Musikus dan politikus Ahmad Dhani Prasetyo (ADP) menjalani sidang perdana kasus pencemaran nama baik dengan agenda sidang pembacaan dakwaan, di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (7/2/2019). 

SIDANG perdana kasus ujaran kebencian yang menjerat Ahmad Dhani Prasetyo (ADP), digelar di Ruang sidang Cakra, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (7/2/2019).

Dalam sidang tersebut, ADP mengenakan kaus hitam bertuliskan ‘Tahanan Politik’ berwarna kuning serta belangkon khasnya.

Sidang dimulai dengan pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rahkmat Hari Basuki yang mendakwa ADP dengan pasal 45 ayat 3 juncto pasal 27 ayat (3) UU No 11 tahun 2008 tentang UU ITE.

Wakil Wali Kota Bekasi Janji Bakal Perbaiki Total Jalan Rusak Setelah Musim Hujan Berlalu

JPU Rakhmat juga meminta majelis hakim menetapkan pengalihan penahanan ke Rutan Klas I Medaeng, Surabaya.

“Surat penetapan no 386/Pen.PID/2019/PT.DKI sejak 29 Januari 2018 di mana terdakwa dialihkan penahanannya ke Rutan Medaeng,” kata JPU Rakhmat.

Menanggapi hal itu, dengan tegas pihak kuasa hukum menolak dengan mengajukan eksepsi atas pengalihan penahanan tersebut.

Kunjungi Ibu dan Istri Ahmad Dhani, Prabowo Janjikan Hal Ini

“Kami juga ada penetapan dari Pengadilan Tinggi dalam surat no. 385/Pen.PID/2019/PT.DKI, berarti ada dua penetapan tanggal 31 Januari. Asumsi kita perkara ini kan pinjam saja, maka penetapan di Rutan Cipinang,” tegas kuasa hukum Ahmad Dhani.

“Kami keberatan, beliau (terdakwa) melalui kami juga keberatan bila dipindahkan di Medaeng,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Anton Widyopriyono menjelaskan, surat yang dipegang JPU merupakan surat tentang penetapan pemindahan penahanan, sedangkan surat yang dipegang kuasa hukum surat penahanan di Cipinang terkait kasus di Jakarta.

Prabowo-Sandi Bakal Dorong Revisi UU ITE, Ini Alasannya

"Untuk kewenangan memutuskan itu tetap kewenangan Pengadilan Tinggi, jadi selama terdakwa menjalani sidang di PN Surabaya terlalu berisiko jika harus bolak balik dari Jakarta,” terang Ketua Majelis Anton.

Artinya, Ahmad Dani akan menghuni Rutan Medaeng selama menjalani sidang di PN Surabaya. Oleh sebab itu, demi menyingkat waktu, sidang akan digelar dua kali dalam seminggu, yaitu Selasa dan Kamis. Seusai sidang, Ahmad Dhani langsung dijebloskan ke Rutan Medaeng, Surabaya. (Samsul Arifin)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved