VIDEO: Mantan Ketua Umum Sebut Seharusnya HMI Netral di Pilpres

Saddam menjelaskan, HMI secara kelembagaan tak memihak kepada partai politik mana pun dan pasangan calon mana pun,

Mantan ketua umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Saddam Al-Jihad menegaskan, HMI semestinya netral dalam politik.

Hal tersebut dinyatakan saat perayaan hari lahir HMI ke 72 di sebuah rumah kawasan Selon, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/2/2019).

Saddam menjelaskan, HMI secara kelembagaan tak memihak kepada partai politik mana pun dan pasangan calon mana pun, khususnya dalam Pemilu 2019 mendatang.

Namun, HMI membebaskan para anggotanya untuk aktif dalam politik praktis, untuk menjadi bagian dari partai politik tertentu.

"Dalam posisi hari ini, Himpunan Mahasiswa Islam, kita harus tegaskan, kita berdiri dalam fondasi pemersatu bangsa. Saya kira kalau dukungan politik Himpunan Mahasiswa Islam tegas bahwa Himpunan Mahasiswa Islam independen. Tapi secara pribadi masing-masing dibebaskan," kata Saddam Al Jihad.

Sebagaimana diketahui, dalam perayaan hari ulang tahun HMI tersebut Presiden Jokowi turut hadir, beserta pejabat negara lainnya seperti, Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.(*)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved