Pintu Kaca Pengadilan Negeri Depok Pecah Misterius, Tak Ada Barang yang Hilang

PINTU masuk utama Pengadilan Negeri (PN) Depok yang terbuat dari kaca, hancur berantakan pada Selasa (5/2/2019) dini hari.

Pintu Kaca Pengadilan Negeri Depok Pecah Misterius, Tak Ada Barang yang Hilang
WARTA KOTA/GOPIS SIMATUPANG
PINTU masuk utama Pengadilan Negeri (PN) Depok yang terbuat dari kaca, hancur berantakan pada Selasa (5/2/2019) dini hari. 

PINTU masuk utama Pengadilan Negeri (PN) Depok yang terbuat dari kaca, hancur berantakan pada Selasa (5/2/2019) dini hari.

Polisi telah mendatangi lokasi kejadian di Jalan Boulevard Raya, Cilodong, dan telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pada Selasa pagi. Namun, tidak ditemukan benda mencurigakan penyebab pintu kaca PN Depok pecah.

Ketua PN Depok Soebandi mengatakan, menurut laporan petugas keamanan, kaca itu pecah sekitar pukul 00.30 WIB. Yang pecah adalah daun pintu kaca sebelah kiri, sedangkan yang kanan tetap utuh. Pintu itu merupakan akses menuju lobi utama gedung pengadilan.

Fadli Zon Bertanya, Apakah Jika Panggil Jokowi Cak Jancuk Kena Pasal Ujaran Kebencian?

Saat itu, petugas sekuriti yang sedang nonton televisi di pos jaga, sekitar 10 meter dari posisi pintu kaca, tiba-tiba dikagetkan oleh suara kaca pecah. Saking kagetnya, suara itu terdengar hingga Gedung DPRD Kota Depok yang berjarak sekitar 100 meter. Karenanya, sekuriti Gedung DPRD langsung bergegas menghampiri asal suara.

"Begitu sekuriti PN sama DPRD melakukan pengecekan, ternyata pintu kaca depan pecah berantakan," ujar Soebandi kepada wartawan, Rabu (6/2/2019).

Menurut Soebandi, sekuriti tidak tahu penyebab kaca itu pecah. Sebab, tidak ada kendaraan atau orang yang lalu lalang karena kondisi sekitar TKP sepi. Meski demikian, pagi harinya dia langsung melaporkan peristiwa itu ke Polresta Depok agar penyebabnya dapat diselidiki.

Takkan Ada Barongsai di Vihara Amurva Bhumi Saat Perayaan Cap Go Meh, Ini Alasannya

Soebandi menuturkan, pasca-kejadian, pihaknya telah melakukan pengecekan ke seluruh ruang pengadilan, dan dia memastikan tidak ada barang atau berkas yang hilang.

"Berkas-berkas semua aman, tidak ada yang hilang," ucapnya.

Petugas Polresta Depok langsung melakukan olah TKP, tak lama setelah mendapat laporan. Dari hasil olah TKP, tidak ditemukan barang bukti mencurigakan. Polisi menduga kaca tersebut memang pecah sendiri karena suatu alasan yang belum diketahui.

KCI Luncurkan Kartu Multi Trip Spesial Imlek, Jumlahnya Cuma Lima Ribu Unit

Kasubag Humas Polresta Depok AKP Firdaus menyampaikan, saat melakukan olah TKP, petugas tidak menemukan benda mencurigakan seperti batu atau peluru. Berdasarkan keterangan dua saksi petugas keamanan, saat kejadian juga tidak ada orang yang lewat.

Tak hanya itu, hasil pengamatan kamera tersembunyi alias CCTV, daun pintu kaca sebelah kiri itu pecah mulai dari bagian atas dan merembet hingga ke bawah.

"Dugaan sementara, tidak ada pelemparan batu, melainkan kaca pecah sendiri. Bisa dilihat dari CCTV kaca tidak pecah di tengah, melainkan dari atas dan terus ke bawah. Dari hasil pemeriksaan saksi juga tidak ada orang yang lompat atau masuk ke dalam ruang pengadilan," papar Firdaus. (*)

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved