Pilpres 2019

Sandiaga Uno Ungkap Kawannya di Moskow Bertanya kenapa Rusia Dituduh Mencampuri Urusan Indonesia?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut, kata Sandiaga Uno, ia jawab dengan santai dan menenangkan.

Sandiaga Uno Ungkap Kawannya di Moskow Bertanya kenapa Rusia Dituduh Mencampuri Urusan Indonesia?
istimewa
Bersama Iqbal Buchori (kanan), dan Komika Abdur Arsyad (kedua kiri), Sandiaga Uno menunjukkan kemeja bermerek Thesandiuno yang sudah ditandatanganinya dalam Peluncuran Merchandise Thesandiuno di Jakarta, Senin (4/2). 

CALON wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengungkapkan, ada beberapa temannya di Rusia yang menanyakan maksud perkataan Jokowi mengenai teknik propaganda Rusia.

"Memang ada beberapa rekan dari Rusia yang kawan-kawan saya, kebetulan tahun lalu ke Moskow bertanya apa maksudnya ini, kenapa kami dituduh mencampuri urusan Indonesia?" tutur Sandiaga Uno di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Selasa, (5/1/2019).

Pertanyaan-pertanyaan tersebut, kata Sandiaga Uno, ia jawab dengan santai dan menenangkan. Bahwa pernyataan Presiden itu, jangan terlalu ditanggapi serius di tahun politik sekarang ini.

Duga Prabowo-Sandi Pakai Konsultan Rusia, Jokowi: Terus yang Antek Asing Siapa?

"Saya bilang jangan terlalu ditanggapi, karena ini tahun politik, semua yang disampaikan itu urusan politik dalam negeri," kata Sandiaga Uno.

Ia meminta, menjelang pemilu semua pihak tidak menyampaikan pernyataan yang memicu polemik, apalagi menyeret negara lain. Apalagi, menurutnya Indonesia dengan Rusia saat ini sedang menjalin kerja sama.

"Apalagi kita lagi bangun kerja sama ekonomi. DKI dengan Moskow ada sister city, kita lagi kembangkan ekonomi, energi dengan Rusia, jadi jangan terlalu dibesar-besarkan. Kita harapkan polemik ini tidak dijadikan ajang sahut menyahut," pungkasnya.

Bantah Pernyataan Jokowi, Rusia Tegaskan Tak Terlibat Politik di Indonesia

‎Sebelumnya, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyebut adanya tim sukses yang menggunakan gaya politik propaganda Rusia, dengan cara membuat dan menyebar hoaks.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak para alumni perguruan tinggi yang mendukungnya, memerangi hal tersebut.

”Saya merasa yang ada di hadapan saya adalah intelektual karena lulusan perguruan tinggi ternama,” kata Jokowi pada sambutannya kala bertemu ribuan alumni di Jalan Pahlawan, Surabaya (2/2/2019).

Ini Tiga Hal yang Bakal Dilakukan Ahok Setelah Bebas

”Oleh karena itu, saya mengajak kawan-kawan sekalian. Saat ini kita menghadapi banyaknya hoaks, kabar bohong yang lalu lalang di media sosial,” ucap Jokowi.

Dalam menyampaikan pendekatan, Jokowi meminta relawan harus melakukannya dengan cara yang bijaksana.

”Kami ingin menyampaikan dengan cara politik. Kita harus memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa gaya politik kita, cara politik yang penuh etika, tata krama, penuh peradaban, penuh dengan sopan santun,” paparnya.

”Problemnya, ada tim sukses yang menyiapkan sebuah propaganda Rusia. Setiap saat selalu mengeluarkan semburan fitnah, setiap saat selalu mengeluarkan semburan dusta dan hoaks,” sambung Jokowi. (Taufik Ismail)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved