Total 14 Pertanyaan Diajukan Penyidik ke Rocky Gerung dalam Klarifikasi Tuduhan Penistaan Agama

Rocky datang memenuhi undangan klarifikasi terkait pernyataannya dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) di TV One.

Total 14 Pertanyaan Diajukan Penyidik ke Rocky Gerung dalam Klarifikasi Tuduhan Penistaan Agama
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Kuasa hukum Rocky Gerung, Haris Azhar di depan Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jumat.@@@ Rocky Gerung akhirnya benar-benar memenuhi undangan klarifikasi Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, terkait laporan dugaan tindak pidana penistaan agama yang dituduhkan kepada Rocky, Jumat (1/2/2019) sekira pukul 16.00. 

Sudah hampir dua jam, mantan dosen filsafat Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung memberi keterangan dalam undangan klarifikasi di ruang penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, sampai Jumat (1/2/2019) sore sekira pukul 17.52.

Rocky datang memenuhi undangan klarifikasi terkait pernyataannya bahwa kitab suci adalah fiksi dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) di TV One, April 2018 lalu, sejak sekitar pukul 16.00.

Ia didampingi kuasa hukumnya Haris Azhar. Ditengah jalannya klarifikasi atas Rocky, kuasa hukum Rocky, Haris Azhar keluar ruangan menemui wartawan.

Ia mengatakan jalannya pemberian klarifikasi Rocky ke penyidik berjalan santai. "Tidak ada yang disiapkan. Kita santai-santai aja kok. Namanya juga klarifikasi," kata Haris, Jumat sore.

Menurutnya sejak awal penyidik menjelaskan bahwa dalam klarifikasi ini adalah penyelidikan untuk mencari tahu apakah peristiwa yang dilaporkan sebagai sebuah peristiwa tindak pidana atau pelanggaran hukum.

BERITA FOTO: Begini Gaya Rocky Gerung Penuhi Panggilan Polisi sambil Acungkan Telunjuk ke Langit

Rocky Gerung: Setiap Penundaan Ada Manipulasi, Itu Rumusnya

Rocky Gerung Sebut Pelapor Dirinya Soal Kitab Suci Adalah Fiksi, Bodoh

Pengamat Politik, Rocky Gerung penuhi panggilan kepolisian terkait kasus penodaan agama di Ditkrimsus Polda Metro, Jakarta Selatan, Jumat (1/2/2019). Ia berjalan sambil menyapa sejumlah wartawan yang menunggunya.
Pengamat Politik, Rocky Gerung penuhi panggilan kepolisian terkait kasus penodaan agama di Ditkrimsus Polda Metro, Jakarta Selatan, Jumat (1/2/2019). Ia berjalan sambil menyapa sejumlah wartawan yang menunggunya. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

"Sampai tadi, sudah ada 14 pertanyaan yang ditanyakan penyidik ke Rocky. Sebagian besar baru standar dan formal. Masuk ke substansi mulai di pertanyaan ke 8 atau 9," kata Haris.

Menurut Haris, tangggapan Rocky atas kasus ini diduga ada manipulasi cukup wajar. Sebab pelaporan dilakukan April Mei 2018 lalu dan baru ada undangan klarifikasi Januari 2019 atau setelah 9 bulan.

"Durasi waktu yang lama untuk klarifikasi ini memang menimbulkan pertanyaan, dan kita tidak tahu ada apa. Ini menimbulkan adanya potensi-potensi luar, atau desakan pelapor dan lainnya," kata Haris.

Ia berharap klarifikasi berjalan lancar dan baik, sehingga pelaporan terhadap Rocky ini nantinya tidak perlu diproses hukum.

Seperti diberitakan sebelumnya, mantan dosen filsafat Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung akhirnya benar-benar memenuhi undangan klarifikasi Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, terkait laporan dugaan tindak pidana penistaan agama yang dituduhkan kepada Rocky, Jumat (1/2/2019) sore.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved