Pemkot Bekasi Dapat Bantuan Rp 2,5 Miliar dari DKI untuk Pasang 275 PJU di Bantargebang

Bantuan itu diberikan atas kompensasi keberadaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.

Pemkot Bekasi Dapat Bantuan Rp 2,5 Miliar dari DKI untuk Pasang 275 PJU di Bantargebang
Warta Kota/Adhy Kelana
Sejumlah truk sampah milik Pemprov DKI Jakarta terlihat mengular di lokasi TPA Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/10). 

PEMERINTAH Kota Bekasi mendapatkan dana bantuan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp 2,5 miliar, untuk pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Kecamatan Bantargebang.

Bantuan itu diberikan atas kompensasi keberadaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Arief Maulana mengatakan, ada sebanyak 275 titik PJU yang bakal dipasang di akses jalan menuju TPST Bantargebang. Pemasangan akan dimulai dalam waktu dekat di 2019 ini.

Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy Ditargetkan Kerek Peringkat ke Posisi 120 Besar Dunia

Sejumlah titik jalan di Bantargebang yang menjadi lokasi pemasangan berada di Jalan Siliwangi, Jalan Raya Narogong, Jalan Raya Cipendawa, dan sejumlah jalan di Kecamatan Bantargebang.

"Dana bantuan ini kan bagian dari kerja sama dengan DKI, lokasi pemasangan PJU juga akses jalan yang menjadi lintasan truk sampah DKI menuju TPST Bantargebang. Ada juga sebagain untuk kepentingan masyarakat Bantargebang," tuturnya.

Arief juga menjelaskan, instansinya menganggarkan Rp 900 menggunakan APBD Kota Bekasi untuk pemasangan 175 titik PJU. Sehingga, total tahun ini ada sebanyak 450 titik baru PJU yang dipasang.

Ahoker Ini Menangis Berhari-hari Hingga Tinggalkan Jakarta Saat Ahok Divonis Dua Tahun Penjara

"Total ada 450 titik, 275 dari DKI. 175 titik dari kita (APBD Kota Bekasi). Kalau DKI khusus pemasangan di Bantargebang, kalau dari kita nanti di sejumlah titik jalan di Kecamatan Mustikajaya, Bekasi Barat, Jatiasih, dan Jatisampurna," paparnya.

Arief menambahkan, jumlah total PJU di Kota Bekasi yang sudah ada saat ini sebanyak 37.853. Jumlah itu tersebar di seluruh ruas jalan, baik di jalan protokol nasional provinsi atau jalan lokal, serta jalan lingkungan di perumahan.

"Kalau target kita ini harus ada 80 ribu PJU, kita akan lakukan pemasangan itu bertahap karena anggaran juga terbatas," paparnya. (*)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved