Ribuan Ruang Kelas Rusak, Kabupaten Bekasi Siapkan Anggaran Rp 299 Miliar

Sebanyak 9.686 ruang kelas di tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) negeri di Kabupaten Bekasi mengalami kerusakan.

Ribuan Ruang Kelas Rusak, Kabupaten Bekasi Siapkan Anggaran Rp 299 Miliar
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Kondisi SDN 01 Ridhogalih, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi yang rusak beberapa waktu lalu akibat tidak pernah diperbaiki sejak dibangun tahun 1975 lalu. Akibatnya 90 murid belajar sementara di gudang logistik milik Badan Penanggulangan Benana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi seluas 120 meter persegi. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Sebanyak 9.686 ruang kelas di tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) negeri di Kabupaten Bekasi mengalami kerusakan.

Dari dua jenjang itu, sekolah yang paling banyak mengalami kerusakan adalah tingkat SMP.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi mencatat dari jumlah itu, sebanyak 5.708 ruang kelas merupakan tingkat SMP, sedangkan sisanya 3.978 ruang kelas untuk tingkat SD.

Seluruh data kerusakan itu kini masih dalam perumusan perbaikan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat.

Pelaksana tugas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha, lembaganya telah mengalokasi dana perbaikan sarana dan prasarana sekolah sebesar Rp 299 miliar untuk tahun 2019.

Dana itu difokuskan untuk penataan infrastruktur pendidikan, seperti pembangunan unit sekolah baru (USB) sebesar Rp 30 miliar, ruang kelas baru (RKB) di 39 lokasi sebesar Rp 86 miliar, dan rehabilitasi bangunan sekolah baik SDN maupun SMPN di 52 titik dengan nilai Rp 127 miliar.

Sisanya untuk perbaikan sarana dan prasarana sekolah seperti meubelair dan toilet disetiap sekolah agar sekolah semakin layak.

Alokasi dana sebesar Rp 299 miliar itu, rupanya paling besar dibanding kegiatan infrastruktur lain dengan komposisi anggaran pendidikan sebesar 42 persen.

"Perbaikan sekolah tetap kita lakukan tahun ini namun secara berrtahap namun porsinya lebih besar daripada infrastruktur," kata Iman.

Saat ini, kata dia, lembaganya mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 699 miliar atau sekitar 12 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi tahun 2019 senilai Rp 5,8 triliun.

"Selain pendidikan, alokasi anggaran juga untuk pembangunan dan perbaikan jalan, jembatan, sumber daya air, bangunan umum, penataan ruang dan pemeliharaan," jelasnya.

Sebanyak 9.686 Ruang Kelas di Kabupaten Bekasi Rusak

Manajemen Proyek Rehab Total Gedung Sekolah Paket I Diapresiasi Peserta QSHE Patrol WIKA

Gedung Sekolah Nyaris Roboh, Pelajar SD Ridhogalih Belajar di Gudang Logistik BPBD Kabupaten Bekasi

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved