Kesehatan

Kecamatan Cipayung Gerebek Jentik Nyamuk Antisipasi Penyebaran Demam Berdarah Dengue

Kecamatan Cipayung menjadi daerah yang paling banyak pasien penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jakarta Timur.

Kecamatan Cipayung Gerebek Jentik Nyamuk Antisipasi Penyebaran Demam Berdarah Dengue
Warta Kota/Feryanto Hadi
Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) di Jalan Aup RT 01 RW 09, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (13/7/2018). 

WARTA KOTA, CAKUNG --- Kecamatan Cipayung menjadi daerah yang paling banyak pasien penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jakarta Timur.

Berdasarkan data Januari 2019, tercatat ada sebanyak 33 orang pasien penderita DBD.

Bahkan, Pelaksana tugas (Plt) Camat Cipayung Mamad mengatakan, berdasarkan data jumlah penderita DBD tahun 2018, Cipayung menempati peringkat kelima di DKI Jakarta daerah paling rawan DBD.

Mamad mengatakan,  dari tahun ke tahun, Kelurahan Pondok Ranggon menjadi wilayah paling banyak penderita DBD.

"Kalau analisis kami, di sana rawan karena ada area pemakaman (TPU Pondok Ranggon) yang luas sehingga memungkinkan banyak genangan saat hujan," kata Mamad saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Cakung, Selasa (29/1/2019).

Cegah Nyamuk Demam Berdarah Tidak Hanya dengan 3M, Ini Caranya

"Belum lagi banyak orang melayat meninggalkan kendi yang  bisa juga jadi sarang nyamuk," katanya lagi.

Berbagai upaya dilakukan oleh Kecamatan Cakung untuk mengantisipasi perkembangbiakan nyamuk penular DBD nyamuk Aedes aegypti.

Usaha yang dilakukan Kecamatan Cakung seperti pelatihan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) bagi kader juru pemantau jentik (Jumantik).

Selain itu, dalam waktu dekat, gerebek jentik nyamuk juga akan dilakukan serentak di seluruh kelurahan di Kecamatan Cipayung.

"Nanti kami pilih RW yang jumlah penderita DBD paling banyak, kemudian kami laksanalan fogging, gerebek jentik, dan pembuatan perangkap nyamuk serentak di seluruh kelurahan," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved