Gua Panggolo, Kabarnya Tempat Persembunyian Pangeran Diponegoro

Gua Panggolo, kabarnya, pernah dipakai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro dan para prajuritnya menghindari kejaran tentara VOC Belanda.

Gua Panggolo, Kabarnya Tempat Persembunyian Pangeran Diponegoro
Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko
Konon, Gua Panggolo itu pernah dipakai sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro dan para prajuritnya menghindari kejaran tentara VOC Belanda saat Perang Diponegoro berlangsung pada 1825 hingga 1830. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Saat berada di kawasan Bhumi Merapi ada yang menarik perhatian ketika langkah kaki saya terhenti diatas jembatan kecil.

Jembatan pendek dan tidak lebar itu menghubungkan kandang-kandang hewan peliharaan masyarakat umum koleksi taman Bhumi Merapi dengan lintasan kuda dan kandang rusa di tempat wisata yang berada di bawah kaki Gunung Merapi tersebut.

Bukan jembatan itu yang membuat saya penasaran.

Di ujung barat jembatan tadi, saya mendapati tulisan yang menjelaskan bahwa dibawahnya terdapat sebuah gua kecil.

Menariknya, konon, gua itu pernah dipakai sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro dan para prajuritnya menghindari kejaran tentara VOC Belanda saat Perang Diponegoro berlangsung pada 1825 hingga 1830.

"Situs Gua Panggolo," begitu keterangan yang tertulis di ujung barat jembatan kecil di taman wisata Bhumi Merapi tadi.

Gua kecil, yang dibuat semasa Perang Diponegoro itu, dirancang dua orang, pasangan suami dan istri, Kyai Panggolo dan Nyai Panggolo, warga setempat.

Untuk mengabadikan pembuatnya, gua tersebut diberi nama Gua Panggolo.

Kawasan wisata Bhumi Merapi seluas 5,2 hektar itu berada di kawasan Pakem, di Jalan Kaliurang Km 20, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, atau lima menit dari pusat Kecamatan Pakem.

Taman wisata ini tidak hanya diperuntukkan bagi pejalan yang menyenangi kegiatan outdoor.

Halaman
1234
Penulis:
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved