33 Tahun Lalu Challenger Meledak, Guru Pertama dalam Misi Luar Angkasa Ini Tewas Bersama 6 Awak Lain

Sharon Christa McAuliffe akan tercatat dalam lembar sejarah sebagai orang sipil, sekaligus guru, pertama yang menjelajahi luar angkasa.

33 Tahun Lalu Challenger Meledak, Guru Pertama dalam Misi Luar Angkasa Ini Tewas Bersama 6 Awak Lain
Bruce Weaver/AP Photo/whyy.org
PESAWAT ulang alik Challenger saat akan terbang (kiri) dan 73 detik kemudian meledak (kanan) di langit Kennedy Space Center, Florida, AS, 28 Januari 1986. Tujuh awak tewas dalam ledakan tersebut. 

PASANGAN Edward Christopher Corrigan dan Grace Mary Corrigan tampak semringah di kerumunan orang-orang yang akan menyaksikan peluncuran pesawat luar angkasa Challenger, hari ini 33 tahun lalu, tepatnya pada 28 Januari 1986.

Keduanya kerap jadi sorotan kamera karena putri mereka, Sharon Christa McAuliffe akan tercatat dalam lembar sejarah sebagai orang sipil pertama yang menjelajahi luar angkasa.

Christa merupakan orang yang terpilih saat Badan Antariksa Amerika Serikat ( NASA) membuat program "Teacher in Space" yang diusulkan Presiden Ronald Reagan.

Ingin Hubungi NASA, Astronot Ini Malah Telepon 911 dari Luar Angkasa

ISIS Klaim Serangan Bom Katedral di Filipina Selatan yang Tewaskan 18 Orang dan Lukai 83 Orang

Ed dan Grace Corrigan, serta ratusan orang yang berada di Komplek Peluncuran 31 Cape Canaveral Air Force Station di Florida terperangah saat mesin roket dinyalakan.

Hitung mundur dilakukan, 3.. 2.. 1.. Roket pun meluncur, membawa Challenger ke angkasa. Namun, kekaguman orang-orang yang menyaksikan peluncuran Challenger kemudian berganti kepanikan. Ini disebabkan roket tak meluncur lurus ke atas, seperti peluncuran-peluncuran sebelumnya.

Tidak hanya itu, asap putih terlihat mengepul dari roket dan badan pesawat. Kemudian, sekitar 73 detik sejak peluncuran, terjadi ledakan pada roket dan badan pesawat.

Challenger hancur berkeping-keping. Tujuh awak di dalamnya, termasuk Christa McAuliffer dipastikan tewas.

Ed, Grace, keluarga Christa yang lain, juga penonton di lokasi peluncuran larut dalam tangis. Duka melanda AS pada hari peluncuran itu.

Selain Christa, terdapat enam awak yang tewas.

Mereka adalah Francis "Dick" Scobee (komandan), Michael J Smith (pilot), Ronald McNair (astronot), Judith Resnik (astronot), Ellison Onizuka (astronot), Gregory Jarvis (payload specialist, perwakilan Hughes Space and Communications). 

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved