100 Persen Sertifikat Tanah di Tangsel Diprediksi Rampung 2019, Airin Jelaskan Kendalanya

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil menyampaikan, sertifikat tanah di Kota Tangerang Selatan akan rampung 2019.

100 Persen Sertifikat Tanah di Tangsel Diprediksi Rampung 2019, Airin Jelaskan Kendalanya
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany setelah menghadiri penyerahan sertifikat tanah di Lapangan Skadron 21 Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (25/1/2019). 

MENTERI Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil menyampaikan, sertifikat tanah di Kota Tangerang Selatan akan rampung seluruhnya pada 2019.

Hal itu sesuai dengan program Presiden Joko Widodo yang tengah menggencarkan kepemilikan sertifikat tanah.

"Bapak presiden, tahun ini sesuai perintah bapak, Kota Tangerang Selatan 100 persen beres sertifikatnya," ucap Sofyan saat pembagian 40.172 sertifikat tanah di Lapangan Skadron 21 Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (25/1/2019).

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menjelaskan, dalam menjalankan program itu, masih terdapat beberapa kendala di lapangan.

Airin menyebut, terdapat dua masalah yang paling sering dijumpai.

Pertama, saat pihak Badan Pertanahan Nasional Kota Tangerang Selatan hendak mencatat luas tanah, namun orang yang bersangkutan sedang tidak di rumah.

"Kendalanya kita masyarakat perkotaan, kadang-kadang saag BPN mencari orang untuk menunjukkan batas tanah, tapi sedang pergi bekerja," ucapnya.

Selanjutnya, masyarakat yang banyak bekerja di jantung Ibu Kota Jakarta ini kerap terlambat dalam mengumpulkan berkas yang diperlukan.

"Yang kedua, persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, sehingga umpan balik dari masyarakat untuk mengembalikan itu yang agak lama juga," tukasnya.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved