Jalur Borobudur-Kalibawang Sebagian Tertutup Tanah Longsor

Tanah dari tebing yang longsor menutupi jalan di Dusun Sambeng II, Desa Sambeng, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jalur Borobudur-Kalibawang Sebagian Tertutup Tanah Longsor
Istimewa
ILUSTRASI Longsor 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Tanah dari tebing yang longsor menutupi jalan di Dusun Sambeng II, Desa Sambeng, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jalan itu merupakan bagian dari jalur jalan yang menghubungkan daerah Borobudur dengan daerah Kalibawang di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang, Edy Susanto, mengatakan, tebing di Dusun Sambeng II longsor Kamis (24/1/2019) sekira pukul 19.00 WIB.

"Material longsorannya menutupi jalan sehingga jalan tidak dapat dilalui kendaraan," kata Edy seperti dilansir Antaranews.com, Jumat (25/1/2019).

Edy mengatakan, tebing dengan tinggi 15 meter dan panjang lima meter tersebut longsor setelah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda wilayah Kecamtan Borobudur sejak pukul 14.00 WIB.

Akibatnya, menurut dia, material longsoran setebal 50 centimeter hingga dua meter menutupi jalan Borobudur-Kalibawang dan jalan menuju ke Dusun Kedungan, Desa Sambeng, Kecamatan Borobudur.

Edy mengatakan, longsor susulan kemungkinan masih bisa terjadi karena masih ada pergerakan tanah.

Tertutupnya jalan itu, lalu lintas kendaraan dari Borobudur menuju Kalibawang sementara dialihkan melalui jalur Muntilan.

Pada Kamis sore hujan disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Magelang, menyebabkan pepohonan tumbang di Dusun Sumber, Desa Sidomulyo, Kecamatan Salaman; dan Jalan Purworejo - Magelang di Dusun Ngrajek, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid.

Hujan disertai angin juga menyebabkan pohon-pohon tumbang di Dusun Jagan, Desa Pasuruhan, Kecamatan Mertoyudan; dan Dusun Deyangan, Desa Banar, Kecamatan Mungkid, tempat pohon tumbang menimpa satu rumah dan menutup sebagian jalan.

BMKG Minta Waspadai Potensi Bencana Longsor Akibat Hujan Lebat di Jabodetabek

Banjir, Longsor dan Angin Puting Beliung di Sulsel Berdampak 30 Orang Meninggal Dunia

Siaga Bencana di Musim Hujan, Ada 6 Jenis Tanah Longsor

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved