Bagaimana Cara Membedakan Kosmetik Asli dan Palsu, Ini Penjelasan BPOM

Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito, memberikan tips bagaimana cara membedakan produk kosmetik asli dan palsu.

Bagaimana Cara Membedakan Kosmetik Asli dan Palsu, Ini Penjelasan BPOM
Warta Kota/Joko Supriyanto
BPOM menggerebek empat lokasi yang dijadikan tempat produksi dan pengedaran kosmetik ilegal di Jakarta Barat, Rabu (23/1/2019) malam. 

KALIDERES, WARTA KOTA -- Menindak lanjuti hasil pengungkapan pabrik kosmetik ilegal di Kalideres, Jakarta Barat, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam pembeliaan kosmetik.

Terlebih dari hasil pengrebekan BPOM ditemukan produk kosmetik yang dikemas sesuai dengan produk aslinya, sehingga hal ini menjadi hal yang harus di waspadai oleh masyarakat, dan jangan tergiur dengan harga murah.

Untuk itu, Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito, memberikan tips bagaimana cara membedakan produk kosmetik asli dan palsu.

Salah satu diantaranya yaitu melakukan pengecekan kemasan dari produk tersebut.

"Yang pertama itu harus cek kemasan, pastikan kemasan dalam kondisi baik, selain itu cek labelnya, lalu cek izin edar serta cek kadaluarsanya," kata Penny, Jumat (25/1/2019).

Dikatakan Penny, kemasan kosmetik yang dibeli harus dipastikan tidak ada kecacatan, serta tidak ada perbedaan kemasan dengan kosmetik yang asli. Selain itu dapat juga dilihat izin edarnya, karena kosmetik asli dipastikan memiliki izin edar yang diberikan oleh BPOM.

Dengan begitu bahan-bahan yang terkandung dalam produk kosmetik tersebut sudah terjamin aman, karena sudah mendapatkan izin edar. Jika produk kosmetik yang kamu beli tidak memiliki nomor izin edar maupun tidak benar-benar terdaftar, maka kosmetik tersebut sudah pasti ilegal dan tidak terjamin kandungannya.

"Izin edar yang tertera dalam produk kosmetik dapat dicek melalui website resmi BPOM, dari sana akan terlihat apakah produk tersebut mendapatkan izin resmi dan memastikan bahwa produk tersebut legal dan aman bermutu dan bermanfaat," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved