Ada Apa Dengan Rocky Gerung, Ada Apa Dengan Kita?

Siapakah Rocky Gerung? Ia non muslim, hidup soliter, penganut libertarianisme yang yakin, dan pemikir filsafat yang terampil.

Ada Apa Dengan Rocky Gerung, Ada Apa Dengan Kita?
Warta Kota/Henry Lopulalan
Pengamat politik Rocky Gerung usai memenuhi panggilan kepolisian di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (4/12/2018). Rocky Gerung menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait berita bohong penganiayaan Ratna Sarumpaet. 

Oleh: Rachland Nashidik (Seorang kawan lama)

SAYA masih bingung dengan fenomena Rocky Gerung. Dalam sejarah, cuma Soekarno yang bisa membuat massa berduyun-duyun datang untuk mendengar pidatonya.

Mereka yang tak sempat atau tak bisa hadir, akan mendengarkan pidatonya di radio. Mereka sengaja meninggalkankesibukan hanya untuk dengar pidato politik Soekarno.

Hanya Soekarno -- bukan Hatta, Sjahrir, Tan Malaka atau yang lain.

Sejak deparpolisasi dan depolitisasi Orde Baru, mana ada massa mau dengar pidato politik? Kampanye partai perlu beri insentif musik dangdut agar orang mau datang.

Pidato dilakukan sebentar-sebentar, terburu-buru, di sela-sela lantunan lagu.

Tapi di Medan, dua malam lalu, dua sampai tiga ribuan massa tumplek dari mana-mana di Roda Tiga Kafe. Ada yang sengaja datang dari Aceh dan Surabaya. Berdesakan di dalam, saling mendorong di parkiran dan menyemut di sepanjang jalan. Semua mau dengar RG pidato politik!

Mereka bersorak sorai waktu RG tiba di tempat. Berebutan menyalami, hingga kami tak bisa bawa RG masuk ke ruangan tanpa perjuangan. Semua kompak teriak mengelukan namanya. "Rocky, Rocky, Rocky...!" Edan.

Zainuddin MZ dikenal sebagai ulama jutaan umat. Tapi ia perlu bantuan agama untuk bisa begitu.

Rocky? Ia mengajak orang merawat akal sehat. Dan ribuan orang berduyun duyun datang untuk mendengar pidatonya. Melihat dari dekat wajahnya. Kalau bisa berfoto atau menyentuh badannya.

Halaman
12
Editor: Achmad Subechi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved