Persija Tidak Bisa Gunakan Jasa 3 Pemain Asing di Piala Champions Asia

ITC itu tidak bisa diproses Persija lantaran periode pertama Transfer Matching yang didaftarkan PSSI ke FIFA baru dibuka pada 15 Februari 2019.

Persija Tidak Bisa Gunakan Jasa 3 Pemain Asing di Piala Champions Asia
Super Ball/Feri Setiawan
Bruno Matos mengikuti latihan perdana skuat Persija Jakarta. (Super Ball/Feri Setiawan) 

PERSIJA Jakarta akhirnya dipastikan tidak bisa menggunakan jasa tiga pemain asing anyar.

Ketiga pemain yaitu Vinicius Lopes Laurindo, Jakhongir Abdumuminov, serta Bruno Matos, plus Ryuji Utomo Prabowo saat melawan Home United, pada babak pendahuluan kualifikasi Liga Champions Asia 2019, 5 Februari 2019.

Hal ini terjadi karena permohonan dispensasi International Transfer Certificate (ITC) untuk keempat pemain baru itu yang diajukan PSSI ke AFC tidak disetujui.

Seperti diberitakan sebelumnya, ITC itu tidak bisa diproses Persija lantaran periode pertama Transfer Matching System (TMS) yang didaftarkan PSSI ke FIFA baru dibuka pada 15 Februari 2019.

Sementara tim Macan Kemayoran paling lambat harus mendaftarkan para pemainnya untuk melawan Home United, 21 Januari 2019.

"Kami sudah berupaya maksimal meminta dispensasi dari AFC, namun tidak bisa dipenuhi," ucap Ratu Tisha Destria, sekretaris jenderal PSSI dikutip laman resmi PSSI.

Tisha menambahkan, PSSI sudah menyampaikan hal ini kepada manajemen Persija dan bisa menerima dan memahami kondisi ini dikarenakan untuk menyukseskan agenda nasional pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, kompetisi harus dimulai dua pekan setelahnya.

Langkah Priska Madelyn Nugroho Terhenti di Australia Terbuka Junior

Kebijakan penentuan tanggal jendela transfer pemain berkaitan dengan jadwal kompetisi. Untuk tahun 2019, PSSI mempertimbangkan bahwa kompetisi Liga 1 dimulai pada awal Mei, setelah hajatan besar pemilihan Presiden selesai.

"Kami menghormati agenda nasional Pemilihan Presiden 2019. Karena itu, Liga 1 baru bisa kita putar dua mingggu setelahnya, yakni antara 1-8 Mei 2019. Dengan demikian, periode jendela transfer pemain yang hanya diperbolehkan berdurasi 84 hari harus disesuaikan dengan waktu kick-off, agar 18 Klub Liga 1 dapat mempersiapkan pemain dengan baik," jelas Tisha. 

Atas dasar pertimbangan ini pula, PSSI pada 18 Juli 2018 lalu menyampaikan kepada FIFA  bahwa periode jendela transfer pemain untuk kompetisi Liga 1 dimulai dari tanggal 15 Februari sampai 9 Mei 2019.

Sementara PSSI baru menerima surat pemberitahuan dari AFC mengenai pelaksanaan Liga Champions Asia dan segala persyaratannya pada 23 November 2018.

Sebelum berkomunikasi ke AFC, PSSI juga sudah menyampaikan permohonan pembukaan jendela transfer pemain atau TMS ke FIFA, khusus untuk Persija dan PSM. Namun, permohonan ini juga tidak bisa disetujui.

Sebelumnya, Persija sudah mendaftarkan 20 pemain untuk laga melawan Home United, pada 21 Januari lalu.

Beberapa nama anyar seperti Tony Sucipto, serta Heri Susanto, plus satu pemain pinjaman yang masih belum disebutkan namanya masuk dalam daftar tersebut.

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved