Pemilu 2019

Bawaslu Jakbar Minta Para Partai Mentaati Aturan Pemasangan APK

Bawaslu Jakarta Barat meminta kepada para peserta Pemilu 2019 agar tetap menaati peraturan terkait pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Bawaslu Jakbar Minta Para Partai Mentaati Aturan Pemasangan APK
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Petugas Satpol PP menertibkan alat peraga kampanye di Jalan Srengseng Raya, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (23/10/2018) 

BAWASLU Jakarta Barat meminta kepada para peserta Pemilu 2019 agar tetap menaati peraturan terkait pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Permintaan itu seiring adanya aduan masyarakat terkait pelanggaran pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di beberapa ruas Jalan di Jakarta Barat.

Syukur Yakub selaku Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Jakarta Barat mengatakan, pihaknya menyangkan sikap partai yang tidak segera menurunkan APK dari tempatnya seusai waktu atau perizinan usai.

"Kita toleransi sesuai dengan izinnya. Namun biasanya partai politik setelah waktu yang di tentukan tidak menurunkan, ini yang kami sesalkan. Maka kami imbau kepada partai politik untuk tertib dan segera menurunkan APK-nya," kata Syukur, Rabu (23/1/2019).

Perizinan pemasangan yang diberikan oleh Bawaslu sebenarnya sudah tertera dalam aturan dimana setiap pemasangan APK ada batas waktu ketika ada sesuatu kegiatan partai, namun kerap kali justru setelah usai kegiatan APK tidak langsung di turunkan.

Tentunya hal tersebut membuat titik-titik yang menjadi lokasi pemasangan APK terlihat penuh dan dibiarkan begitu saja, meski akhirnya pihaknya langsung menurunkan APK tersebut.

Khofifah-Emil Dardak Masuk Tim Kampanye Jokowi-Maruf, AHY tegaskan Emil Dardak Kader Demokrat

"Jangan sampai ada aduan masyarakat atau nanti ada partai yang menilai kita tidak menindak. Kepada partai politik untuk mentaati peraturan dan toleransi yang sudah di berikan. Jangan toleransi itu di salahgunakan dengan membiarkan APK tidak di turunkan," kata Syukur Yakub.

Syukur Yakub juga meminta semua partai dan caleg agar kooperatif untuk segera menurunkan APK apabila ditemukan pemasangannya melanggar aturan.

Terlebih pemasangan APK di tempat yang di larang seperti jalan flyover dan fasilitas umum, ini sesuai dengan SK KPU.

"Kami dari Bawaslu Jakarta Barat akan menindak tegas dan akan melakukan pemanggilan bila tidak di turunkan. Jadi kami mohon partai politik untuk segera menurunkan APK setelah acara selesai sesuai dengan izinya," ucap Syukur Yakub. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved