Pemilu 2019

Media Sosial Jadi Sumber Penyebaran Hoaks yang Cepat dan Masif Jelang Pemilu 2019

Disebut istimewa, karena untuk pertama kalinya pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dilakukan serentak pada waktu yang bersamaan secara

Media Sosial Jadi Sumber Penyebaran Hoaks yang Cepat dan Masif Jelang Pemilu 2019
Youtube
MEME Antihoaks 

PEMILIHAN umum atau pemilu bukanlah hal yang baru bagi Indonesia, karena sebagai negara demokrasi pemilu telah diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 1955.

Pada April 2019 Indonesia akan kembali menggelar pesta demokrasi ke-12 sebagai bentuk penjaminan hak politik warga negara yang lebih istimewa.

Disebut istimewa, karena untuk pertama kalinya pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dilakukan serentak pada waktu yang bersamaan secara nasional.

Kendati demikian, di tengah persiapan pesta demokrasi yang seharusnya diwarnai oleh rasionalitas, muncul berbagai berita bohong atau hoaks di tengah-tengah masyarakat.

Hoaks tidak bisa diabaikan, karena penyebarannya semakin cepat dan masif dengan menggunakan teknologi informasi.

Perkembangan teknologi informasi selain berdampak positif terhadap kemajuan bangsa, juga mempengaruhi pergelaran pemilu.

Terutama, dalam konteks banyaknya disinformasi, ujaran kebencian, dan konten-konten yang mengandung berita bohong, yang bertebaran dan mengadu domba.

Kementerian Sekretariat Negara menyebut penyebaran berita hoaks menjelang Pemilu 2019 ini sebagai satu fenomena yang timbul di tengah masyarakat yang berpotensi menciptakan disintegrasi dan memecah belah bangsa Indonesia.

Deputi V Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani mengatakan, kemunculan hoaks dan ujaran kebencian penting untuk diantisipasi.

Tujuannya, supaya masyarakat tidak terjebak dalam berita bohong dan berpotensi untuk menjatuhkan kandidat-kandidat peserta pemilu legislatif maupun eksekutif, sehingga bisa memecah kehidupan demokrasi di Indonesia.

Halaman
1234
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved