Depok Masih Data Pasien DBD

Sisa air hujan yang menggenang di penampungan-penampungan air dapat memicu berkembangnya nyamuk aedes aegypti sebagai penyebar virus DBD.

Depok Masih Data Pasien DBD
Warta Kota/Gopis Simatupang
Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad saat meresmikan kantor Kelurahan Curug, di Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Senin (21/1/2019). 

Depok, Warta Kota -- Sejumlah wilayah di Indonesia saat ini tengah berkutat dengan penanggulangan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Bahkan ada beberapa daerah yang telah menetapkan status menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) dan sejumlah rumah sakit penuh dengan pasien DBD.

Depok sendiri menjadi salah satu wilayah dengan curah hujan cukup tinggi sejak awal tahun ini.

Sisa air hujan yang menggenang di penampungan-penampungan air dapat memicu berkembangnya nyamuk aedes aegypti sebagai penyebar virus DBD.

Meski demikian, Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad, mengaku hingga kini belum memiliki data terbaru kasus DBD di wilayahnya.

Dia masih menunggu hasil pendataan yang tengah dikerjakan Dinas Kesehatan Kota Depok.

"(Angka pasien DBD) sedang pendataan. Kalau informasi masyarakat memang rumah sakit negeri dan swasta memang sudah penuh. Bahkan di Bogor, Bekasi juga begitu. Saya ingin pendataan ini," ujar Idris kepada wartawan seusai peresmian kantor Kelurahan Curug, di Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Senin (21/1/2019).

Idris menyampaikan, karena belum memiliki data kasus DBD, dia belum bisa memutuskan apakah perlu menetapkan kasus yang mewabah ini sebagai KLB.

"Saya ingin data untuk tahu apa memang sudah KLB atau tidak. Itu pertama. Yang kedua, penanganannya seperti apa. Jadi sekarang dalam pendataan dulu. Kita juga nanti akan tetapkan, (tetapi) kan harus ada datanya dulu," bilang Idris.

Terkait informasi banyak RS penuh dengan pasien DBD, menurut Idris hal itu mesti dicermati dengan baik.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved