Korban Gusuran

Korban Gusuran Bukit Duri Belum Mendapat Kabar Lagi tentang Shelter atau Penampungan Sementara

Warga Bukit Duri mengaku belum lagi mendengar kabar terbaru tentang pembangunan shelter atau tempat penampungan sementara.

Korban Gusuran Bukit Duri Belum Mendapat Kabar Lagi tentang Shelter atau Penampungan Sementara
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah rumah yang berdiri di bantaran sungai Ciliwung, Bukit Duri, Jakarta Selatan, rata dengan tanah usai pembongkaran, Selasa (11/7/2017). 

WARTA KOTA, BUKIT DURI --- Warga Bukit Duri mengaku belum lagi mendengar kabar terbaru tentang pembangunan shelter atau tempat penampungan sementara.

Pada tahun  2018, rencana pembangunan shelter menemui sejumlah kendala terutama soal penentuan lahan sebagai lokasi shelter.

Saat itu, ada dua pilihan lahan untuk pembangunan shelter Bukit Duri yakni di Wisma Ciliwung yang diusulkan warga dan tanah milik Kementerian Keuangan yang menjadi usulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Bekas Lokasi Gusuran Bukit Duri Akan Dibuat Jalan Inspeksi

Namun, hingga tutup tahun 2018, Pemprov DKI Jakarta belum juga menemukan lokasi untuk pembangunan shelter sementara untuk 93 warga Bukit Duri pemenang class action.

Sandyawan Sumardi dari Komunitas Ciliwung Merdeka kepada Warta Kota, Minggu (20/1/2019) mengatakan, lokasi paling memungkinkan untuk dibangun shelter yakni di Wisma Ciliwung yang terletak di Jalan Bukit Duri Tanjakan.

Dari sejumlah pembahasan dan pertimbangan, lokasi itu dianggap strategis karena tidak jauh dari lokasi perkampungan yang pernah digusur.

"Hanya saja, saat ini masih dalam pembahasan serius. Kami memahami Pemprov juga harus hati-hati dan jangan sampai salah langkah dalam pembebasan Wisma Ciliwung itu terutama menyangkut sertifikatnya," kata Sandy.

Penggusuran Bukit Duri Sempat Jadi Trending Topic

Menurut Sandyawan, wisma itu didirikan di atas lahan milik 27 ahli waris seluas 1,6 hektar.

Namun Sandyawan memastikan, ke-27 pemilik lahan itu sudah siap lahannya dibeli Pemprov DKI Jakarta dengan harga sesuai Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

Sandy mengatakan, warga sejauh ini bersabar dan memahami betapa tidak mudahnya proses pembelian lahan Wisma Ciliwung.

Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved