Polisi Dalami Kemungkinan Sabu Jenis Baru Diproduksi di Indonesia

Kata Calvin tidak menutup kemungkinan semua narkoba jaringan mereka ini, termasuk Yaba diproduksi di Indonesia.

Polisi Dalami Kemungkinan Sabu Jenis Baru Diproduksi di Indonesia
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Polda Metro Jaya ungkap sindikat narkoba jaringan Banjarmasin-Jakarta. 

Sebanyak 11 orang anggota sindikat peredaran narkoba jaringan Banjarmasin-Jakarta, dibekuk aparat Subdit Narkoba Polda Metro Jaya.

Mereka dibekuk dari 4 lokasi berbeda di Jakarta, Kabupaten Bogor dan Depok.

Dari tangan mereka disita 6,5 kg sabu, 60 ribu butir ekstasi dan yaba, serbuk ekstasi 19,18 gram serta 15,19 gram ganja. Nilai totalnya mencapai puluhan miliar rupiah.

Para tersangka dibekuk dari hasil penyelidikan polisi mulai Kamis 13 Desember 2018 sampai Rabu 9 Januari 2019.

Ke 11 tersangka yang semuanya pria itu adalah HAR, FIR, AH, GZ, NR, AR, AW, ZN, TON, FM dan YAH. Sementara dua orang lainnya yang merupakan pengendali jaringan ini yakni MG dan HONG masih dalam pengejaran polisi.

Dalam aksinya kawanan ini kerap menyelundupkan sabu ke Jakarta dengan dimasukkan dalam bungkus kemasan abon lele dan kemasan teri medan.

Kasubdit 1 Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Calvin Simanjuntak mengatakan selain memburu dua orang pengendali jaringan ini yakni MG dan HONG, pihaknya juga tengah menyelidiki asal narkoba mereka.

"Dari mana semua narkoba mereka ini mulai dari sabu, ekstasi dan yaba, semuanya masih kami selidiki. Termasuk kemungkinan diproduksi di sini. Sebab jumlahnya cukup banyak. Untuk Yaba, yang merupakan sabu jenis baru, selama ini yang kami ketahui asalnya dari Thailand. Namun untuk yang ini, belum diketahui asalnya dan masih didalami lagi," papar Calvin di Mapolda Metro Jaya, Jumat (19/1/2019).

Karenanya kata Calvin tidak menutup kemungkinan semua narkoba jaringan mereka ini, termasuk Yaba diproduksi di Indonesia, atau bisa juga diproduksi di luar negeri.

"Saat kami interogasi, ke 11 tersangka ini tidak tahu pasti dari mana asal dan produksi narkoba yang mereka edarkan ini. Mereka tahunya dari MG, yang kini jadi DPO dan kami kejar. Jadi asal produksi dan dari mana semua narkoba ini termasuk sabu jenis baru Yaba, MG lah yang tahu," kata Calvin.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved