Soal Pendidikan DKI Jakarta, Anies Gandeng Guru Besar Asal Suriah

Gubernur DKI Anies Baswedan menyambut kedatangan Mufti dari Provinsi Damaskus, Suriah, Syekh Doktor Adnan Al-Afyouni di Balai Kota DKI, Jumat.

Soal Pendidikan DKI Jakarta, Anies Gandeng Guru Besar Asal Suriah
Warta Kota/Anggi Liana Putri
Syekh Doktor Adnan Al-Afyouni, Mufti dari Provinsi Damaskusdari, Suriah dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jumat (18/1/2019).(18/1/2019). 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut kedatangan Mufti dari Provinsi Damaskus, Suriah, Syekh Doktor Adnan Al-Afyouni di Gedung Balai Kota Jakarta.

Kedatangan ulama dari wilayah Syam ini didampingi ikatan alumni pelajar Indonesia dari Suriah yang membahas peluang kerja sama dibidang keilmuan.

"Kami merasa mendapatkan kehormatan karena dalam kunjungan beliau ke Indonesia secara khusus menyempatkan untuk bersilaturahmi ke Balai Kota," ujar Anies di lokasi, Jumat (18/1/2019).

Ia mengatakan telah membahas kemungkinan kerja sama antara Jakarta dengan Damaskus agar anak-anak Jakarta bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar di perguruan Damaskus.

Anies berharap kerja sama yang telah terjalin antara Indonesia dan Suriah terus berlangsung baik, khususnya untuk pertukaran pelajar dan keilmuan.

Bahkan Anies juga mengundang Syekh Adnan untuk menjadi khatib (penceramah) Salat Jumat di Masjid Fatahillah, Balai Kota Jakarta.

"Beliau menceritakan pengalaman Damaskus atas Indonesia. Selain itu, tadi kita undang beliau untuk memberikan khutbah di sini," ucap Anies.

Dikesempatan yang sama, Syekh Adnan mengapresiasi terkait peluang kerjasama antar Jakarta dengan Damaskus dalam bidang keilmuan.

Syekh Adnan mengatakan pelajar Indonesia di Suriah telah memperkenalkan keutamaan akhlak dan keramahtamahan.

Syekh Adnan juga menekankan prinsip maupun sikap Indonesia dalam memperkenalkan ajaran agama Islam yang moderat dan menolak segala bentuk radikalisme dan terorisme.

"Saya telah sampaikan kepada yang terhormat Bapak Gubernur DKI Jakarta, kami mengenal Indonesia sebelum kami sampai ke Indonesia. Kami mengenal Indonesia melalui anak-anak Indonesia yang belajar di tengah-tengah kami dan mereka semuanya sangat memiliki keistimewaan di dalam akhlak dan dalam keseriusan ketika menuntut ilmu. Ini yang menyebabkan seluruh masyarakat Suriah mencintai orang-orang Indonesia," ujar Syekh Adnan.

Ia berharap peluang kerjasama ini mampu menghadirkan ajaran agama dan keilmuan yang bermanfaat untuk dunia.

Bahkan Syekh Adnan menjamin tradisi keilmuan yang terdapat di Suriah sejalan dengan apa yang diajarkan agama Islam dalam membawa kebaikan, kasih sayang, dan keselamatan

"Kita akan melukiskan indahnya Indonesia dan kerohanian yang ada di Suriah melalui semua lembaga tersebut. Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur yang telah menyambut kami dengan sehangat-hangatnya dan terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kepada yang semua hadir di sini, terima kasih," kata Syekh Adnan. (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved