Sejumlah Proyek Besar Ahok yang Ikut Jadi Kebanggaan Anies Baswedan

Dirinya menyebut, konsep kota pintar yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2015 silam mulai diakui dunia.

Sejumlah Proyek Besar Ahok yang Ikut Jadi Kebanggaan Anies Baswedan
Warta Kota
Ilustrasi. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno meninjau proyek flyover Pancoran, Sabtu (30/12/2017). Proyek itu terlambat rampung karena salah satu struktur konstruksi mengalami keretakan.(Foto: Istimewa) 

Di balik hujatan hingga persekusi lantaran dinilai menistakan agama Islam, kinerja Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada periode 2014-2017 diakui dunia.

Bahkan, Anies Rasyid Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta terpilih turut membanggakan hasil kerja Ahok saat ini.

Kegembiraan itu disampaikan Anies lewat akun Instagramnya @aniesbaswedan.

Dirinya menyebut, konsep kota pintar yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2015 silam mulai diakui dunia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat aplikasi Jakarta Smart City yang berpusat di lantai 4 Gedung Balaikota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat itu menekankan enam indikator yang dikembangkan dalam Jakarta Smart City.

Enam indikator tersebut antara lain, Smart Governance atau pemerintahan pintar, Smart Economy atau ekonomi pintar, Smart People atau sumber daya manusia berkualitas, Smart Mobility atau transportasi pintar, Smart Environment dan Smart Living.⁣ yang menekankan lingkungan dan kehidupan yang layak.

"Sejak tahun 2015, Pemprov DKI Jakarta mulai menerapkan Konsep Kota Pintar, ditandai dengan dibentuknya unit pengelola @jsclounge.⁣⁣ Ada 6 indikator yang menjadi fokus Jakarta Smart City, yakni Smart Governance, Smart Economy, Smart People, Smart Mobility, Smart Environment, dan Smart Living," tulis Anies.
⁣⁣
"Kini, upaya tersebut mulai membuahkan hasil dengan Jakarta menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang berhasil masuk Top 50 Smart City Government 2018. Dari 140 kota di dunia yang dinilai, Jakarta menduduki peringkat ke 47," tambahnya.

Prestasi tersebut diungkapkan Anies menjadi penyemangat dirinya untuk menjadikan DKI Jakarta selaku Ibu Kota Negara menuju kota terotomatisasi atau dikenal dengan istilah revolusi industri 4.0.

Jelang penerapan smart city 4.0 tersebut, Anies menekankan kolaborasi, bukan hanya dititikberatkan kepada pemerintah, tetapi juga kepada masyarakat selaku stakeholder atau pihak yang memiliki kepentingan utama. Anies pun bertanya tentang peran smartcity dalam kehidupan warga Jakarta.

"Perolehan ini jadi pemicu semangat terlebih dalam mempersiapkan smart city 4.0 sebagai salah satu pilar menuju city 4.0 yang fokus pada pengembangan platform kolaborasi," tulis Anies.

"Jadi, apa saja inovasi smart city yang menurutmu keren dan membantu kehidupanmu di Jakarta?⁣⁣," tutupnya bertanya.

Pernyataan bangga yang dituliskan Anies dibuktikan lewat info grafis yang turut dipostingnya.

Halaman
1234
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved