Listrik

Dukung Listrik 24 jam di Pulau Tidung dan Untung Jawa, Gardu PLN Bakal Dibangun di Kepulauan Seribu

Pemprov DKI Jakarta dan PT PLN akan menyediakan listrik 24 jam di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu pada pertengahan tahun 2019.

Dukung Listrik 24 jam di Pulau Tidung dan Untung Jawa, Gardu PLN Bakal Dibangun di Kepulauan Seribu
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Jajaran Pemkab Kepulauan Seribu meninjau lahan untuk pemanfaatan gardu listrik di Pulau Tidung dan Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jumat (18/1/2019). 

WARTA KOTA, KEPULAUAN SERIBU --- Pemprov DKI Jakarta dan PT PLN bakal menyediakan listrik 24 jam di Pulau Tidung dan Untung Jawa, Kepulauan Seribu, pada pertengahan tahun 2019.

Gardu listrik dan kantor pelayanan PLN akan dibangun di kedua pulau tersebut untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu meninjau pemanfaatan lahan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) di Pulau Tidung dan Pulau Untung Jawa.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengatakan, peninjauan merupakan tindak lanjut rapat dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait pemenuhan kebutuhan listrik di Kepulauan Seribu.

Material Abu Vulkanik di Pulau Tidung Dijadikan Media Tanam

"Pemkab di sini membantu memfasilitasi lahan untuk membangun gardu listrik. Mudah-mudahan kedepan tidak ada lagi pulau yang tidak terpenuhi pasokan listriknya,” ujar Junaedi, Jumat (18/1/2019).

Junaedi mencontohkan, saat ini pasokan listrik di Pulau Sebira sudah mengalami peningkatan dari semula 18 jam menjadi 24 jam per 1 Desember 2018 menggunakan genset.

“Tapi Pak Gubernur kedepan ingin pengelolaan listrik itu dikelola oleh PLN di semua pulau. Mudah-mudahan bulan Maret ini semua bisa terbangun dan kedepan semua pasokan listrik di Pulau Seribu nggak ada hambatan,” katanya.

Menurut Junaedi, ada tiga pulau yang harus dibangun gardu untuk penyambungan instalasi listrik seperti di Pulau Untung Jawa, dan Tidung.

Ciri Centennial Tanam 500 Pohon Mangrove di Pulau Untung Jawa

Nantinya, PT PLN akan memanfaatkan lahan tersebut yang teknisnya akan dibahas di tingkat provinsi.

“Saya sangat senang PLN punya terobosan kegiatan yang memang tindak lanjut dari KSN (Kawasan Strategis Nasional) Pulau Seribu. Mungkin di situ mereka melihat sudah ada payung hukum untuk bisa memenuhi pasokan listrik,” katanya.

Perwakilan PT PLN UP3 Bandengan Jakarta Utara, Deni Darmansyah mengatakan, pembangunan kantor pelayanan di Pulau Tidung dan gardu distribusi di Pulau Untung Jawa akan dilakukan pada tahun 2019.

“Untuk luas lahan yang dibutuhkan 10 x10 meter persegi. Kantor Pelayanan selain di Pulau Tidung, akan dibangun di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara,” ucap Deni. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved