Ternyata Ini Isi Muatan Pesawat Ethiopian Cargo yang Dipaksa Turun TNI AU di Batam

Hadi Tjahjanto mengatakan ia sendiri sudah melihat pesawat tersebut dan mesin Rolls Royce yang dibawanya.

Ternyata Ini Isi Muatan Pesawat Ethiopian Cargo yang Dipaksa Turun TNI AU di Batam
Dok TNI AU
PESAWAT Ethiopian Airline callsign ETH3728 yang melakukan penerbangan dari Addis Ababa menuju Hongkong, dipaksa mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau sekitar pukul 09.33 WIB, Senin (14/1/2019), oleh jet tempur TNI AU dikarenakan masuk wilayah Indonesia tanpa memiliki izin. 

PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, peswat Ethiopian Cargo yang diturunkan paksa oleh TNI Angkatan Udara pada Senin (14/1/2019) lalu, membawa mesin pesawat Rolls-Royce beserta aksesori mesinnya.

Pesawat tipe Boeing 777 itu diturunkan paksa di Bandara Hang Nadim Batam, karena tidak memiliki dokumen penerbangan yang lengkap ketika melintasi wilayah udara Indonesia.

Hadi Tjahjanto mengatakan ia sendiri sudah melihat pesawat tersebut dan mesin Rolls-Royce yang dibawanya.

Ini Alasan Panglima TNI Perintahkan Anak Buahnya Turunkan Paksa Pesawat Ethiopian Cargo

"Kemudian saya juga kemarin ke Batam, melihat pesawat masih di sana. Pesawat itu membawa engine Rolls-Royce di dalam pesawat itu dalam rangka melaksanakan overhaul di Hong Kong, termasuk aksesori dari engine pesawat," kata Hadi Tjahjanto seusai Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Ia menjelaskan, awalnya ia menerima laporan dari Pangkohanudnas ada pesawat kargo dari Ethiopia menuju ke Hong Kong, masuk wilayah Indonesia tanpa dilengkapi dokumen resmi.

Menindaklanjuti laporan tersebut, ia pun memerintahkan anak buahnya untuk segera menurunkan paksa pesawat tersebut.

"Sehingga, saya perintahkan kepada Pangkohanudnas untuk melaksanakan force down. Saya minta pada waktu itu kepada Kasau siapkan pesawat F-16 dari Pekanbaru melaksanakan intersep dan mendaratkan paksa di Batam, dan setelah didaratkan kami serahkan kepada penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS)," papar Hadi Tjahjanto.

Penerbangan Tak Terjadwal

PESAWAT Ethiopian Airline callsign ETH3728, yang melakukan penerbangan dari Addis Ababa menuju Hong Kong, dipaksa mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Senin (14/1/2019) pukul 09.33 WIB.

Pemaksaan pendaratan itu dilakukan dua jet tempur F-16 TNI-AU dengan alasan, karena menerobos wilayah udara Indonesia tanpa izin.

Halaman
123
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved