Pilpres 2019

Prabowo Sebut Pemerintahan Saat Ini Melanggar HAM, Jokowi Bilang Begini

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo mengungkapkan pemerintahan Jokowi-sapaan Joko Widodo; telah melakukan pelanggaran HAM.

Prabowo Sebut Pemerintahan Saat Ini Melanggar HAM, Jokowi Bilang Begini
tribunnews
Jokowi Vs Prabowo. 

Walau sesi debat baru dimulai, debat antar kandidat pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) antara Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Ruangan Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan pada Kamis (17/1/2019) kian panas.

Peristiwa itu terekam usai pasangan calon (Paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menyampaikan jawabannya terkait tema dalam sesi pertama yang disampaikan, yakni terkait penegakan hukuman Hak Asasi Manusia (HAM).

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo mengungkapkan pemerintahan Jokowi-sapaan Joko Widodo; telah melakukan pelanggaran HAM.

Pengamat: Hal Baik Pasangan Capres Cawapres Jokowi-Maruf Tawarkan Optimistime

Prabowo di Acara Debat Capres Cawapres: Saya Akan Pecat Aparat Hukum yang Diskriminatif

Hal itu merujuk pada kasus penangkapan serta penahanan Kepala Desa Sampang Agung, Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Suhartono alias Nono.

Nono diungkapkan Prabowo divonis bersalah dengan hukuman penjara selama dua bulan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Mojokerto.

Alasannya karena Nono mendukung dirinya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Hal berbeda justru terjadi pada sejumlah pejabat publik yang secara terbuka menyampaikan dukungan politiknya kepada pasangan calon nomor urut 1, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Mereka diungkapkan Prabowo bebas menyampaikan pendapat tanpa terjerat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Pemilihan Umum.

Meme Maruf Amin Irit Bicara Saya Cukup Beredar di Medsos

Jokowi di Debat Capres Cawapres: Visi Indonesia Maju Tawarkan Optimisme

"Kepala desa yang mendukung Paslon nomor satu itu menyatakan dukungan tidak apa-apa, tetapi ada kepala desa di Jawa Timur, menyatakan dukungan kepada kami itu sekarang ditahan pak. Saya kira itu adalah satu perlakuan tidak adil, menurut saya juga ini merupakan pelanggaran HAM. Menyatakan pendapat itu dijamin oleh Undang-Undang Dasar," ungkap Prabowo.

Menanggapi jawaban Prabowo, Jokowi justru menuding Prabowo tidak bersangka buruk.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: panji baskhara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved