Pilpres 2019

Jusuf Kalla Kenang Kesalahan Hatta Rajasa soal Adipura dan Kalpataru saat Debat Pilpres 2014

"Waktu Hatta salah pertanyaan, waktu dikira Adipura itu Kalpataru kan, masih ingat (saya)," kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla Kenang Kesalahan Hatta Rajasa soal Adipura dan Kalpataru saat Debat Pilpres 2014
TRIBUNNEWS/RINA AYU
Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (27/11/2018). (foto dokumentasi) 

WAKIL Presiden Jusuf Kalla mengenang pengalaman terakhirnya ketika mengikuti debat capres-cawapres pada Pilpres 2014 lalu, yakni kekeliruan cawapres Hatta Rajasa yang salah pemahaman antara Adipura dan Kalpataru.

"Waktu Hatta salah pertanyaan, waktu dikira Adipura itu Kalpataru kan, masih ingat (saya)," kata Jusuf Kalla di sela-sela kegiatan nonton bareng Debat Capres 2019 di rumah dinas wakil presiden di Jakarta, Kamis (17/1/2019) malam.

Saat itu, Hatta Rajasa, selaku cawapres Prabowo Subianto, menanyakan kepada Joko Widodo mengapa Solo dan Jakarta tidak pernah mendapat penghargaan Kalpataru.

Jusuf Kalla, sebagai cawapres Joko Widodo, memberikan jawaban mematikan karena JK tahu bahwa Hatta keliru melontarkan pertanyaan tersebut.

"Pertanyaan Pak Hatta itu bagus, cuma anda keliru. Kalau penghargaan untuk kota itu bukan Kalpataru, tapi Adipura. Karena pertanyaan Bapak keliru, maka saya tak bisa jawab," kata JK saat itu.

Salat maghrib

Sebelum menuju ke lokasi debat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pasangan Jokowi-Ma'ruf beribadah shalat maghrib bersama dengan Jusuf Kalla dan dilanjutkan dengan makan malam bersama.

Dalam kesempatan itu, JK menyampaikan pesan-pesan kepada pasangan petahana tersebut, antara lain agar keduanya lebih santai dalam mengikuti debat perdana itu.

Debat perdana capres-cawapres, sebagai bagian dari kampanye Pilpres 2019, dimulai pukul 20.00 WIB, dengan mengusung tema hukum, hak asasi manusia, korupsi dan terorisme. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved