VIDEO: Kiyai Maruf Bilang Sudah Biasa Berdebat

"Tidak lah, seperti biasa lah. Saya kan biasa kalau berdebat itu, di Bahtsul Masail. Itu di NU biasa itu.

Tak ada persiapan khusus oleh calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin jelang debat perdana pemilihan presiden 2019.

Ma'ruf memang melakukan persiapan, tapi tetap beraktivitas seperti biasa. Ia masih berkumpul bersama keluarga dan melangsungkan pertemuan dengan menerima tamu di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat.

"Ya tentu kalau persiapan, kita mempersiapkan diri lah. Tetapi tidak terlalu segala-galanya, tetap saja kegiatan yang lain dengan keluarga dengan yang lain. Jadi persiapan itu biasa-biasa saja," ujar Ma'ruf di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Tak ada persiapan khusus yang dilakukan Ma'ruf. Abah sapaan akrab Ma'ruf mengatakan, ia telah biasa melakukan debat. Terutama saat masih mengisi posisi sebagai Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU).

Yakni lewat forum Bahtsul Masail. Forum diskusi antar ahli keilmuan Islam -utamanya fikih- di lingkungan pesantren-pesantren yang berafiliasi dengan NU.

Di forum ini, berbagai macam persoalan keagamaan yang belum ada hukumnya, dibahas secara mendalam. Ma'ruf mengatakan perbedaan antara Bahtsul Masail dengan debat Pilpres 2019 adalah materi debat.

"Tidak lah, seperti biasa lah. Saya kan biasa kalau berdebat itu, di Bahtsul Masail. Itu di NU biasa itu. Hanya materinya yang berbeda. Jadi saya membaca beberapa yang akan didebatkeun. Itu saja," katanya.(*)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved