Anies Baswedan Bentuk Lima Kelompok Kerja untuk Cegah Penurunan Permukaan Tanah Jakarta

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta berupaya merencanakan konsep untuk mencegah penurunan permukaan tanah di Ibu Kota.

Anies Baswedan Bentuk Lima Kelompok Kerja untuk Cegah Penurunan Permukaan Tanah Jakarta
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta. 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta berupaya merencanakan konsep untuk mencegah penurunan permukaan tanah di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, salah satu faktor utama yang memicu merosotnya permukaan tanah adalah penggunaan air tanah yang sangat masif di Jakarta.

Hal tersebut ia bahas dalam Rapat Joint Coordinating Committee (JCC) Proyek untuk Mempromosikan Penanggulangan Penurunan Tanah Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta.

Satgas Anti Mafia Bola Tak Libatkan PSSI untuk Ungkap Skandal Pengaturan Skor, Ini Alasannya

"Penurunan permukaan tanah di Jakarta ini adalah salah satu masalah lintas generasi yang harus ditangani secara serius dan jangka panjang," ujar Anies Baswedan seusai rapat, Rabu (16/1/2019).

Ia pun mengaku akan banyak bejar dari kota-kota besar di dunia, yang pernah menghadapi masalah serupa, misalnya Kota Tokyo di Jepang.

Anies Baswedan mengatakan, Tokyo juga pernah mengalami penurunan muka tanah yang sangat ekstrem. Namun berkat kerja keras pemerintah setempat, masalah itu akhirnya dapat dicegah.

Psikis Vanessa Angel Sudah Membaik tapi Belum Berani ke Luar Rumah

"Kota Tokyo itu turun amat dalam, lalu kemudian mereka mempunyai usaha yang sangat serius. Nah, saya berharap kita akan bisa merumuskan langkah yang tepat dalam jangka panjang," ucapnya.

Anies Baswedan pun mengapresiasi Tim Proyek JICA dan kelompok kerja yang dibentuk untuk berbagai aktivitas dalam melaksanakan proyek tersebut.

"Ini adalah pekerjaan lintas badan, dan saya mengapresiasi kehadiran JICA yang terlibat langsung dalam proyek ini. Karena JICA bukan saja datang dengan bantuan teknologi dan sumber daya, tapi juga memiliki pengalaman praktis di dalam menyelesaikan masalah penurunan permukaan tanah di Tokyo,” papar Anies Baswedan.

Dulu Menimbun, Kini DKI Menambang Sampah di TPST Bantargebang

Anies Baswedan juga memaparkan ada lima kelompok kerja yang dibentuk untuk melaksanakan tugas, dengan aktivitas sesuai pembagiannya.

Halaman
12
Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved