Pedagang Kaki Lima

120 Lapak Pedagang PKL di Jalan Moh Yamin dan Juanda Pasar Baru Dibongkar

Petugas membongkar ratusan lapak pedagang kaki lima (PKL) Pasar Baru Bekasi di Jalan Moh Yamin dan Juanda Bekasi Timur, Selasa (15/1/2019).

120 Lapak Pedagang PKL di Jalan Moh Yamin dan Juanda Pasar Baru Dibongkar
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ratusan lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Baru Bekasi di Jalan Moh Yamin dan Juanda Bekasi Timur, dibongkar petugas, Selasa (15/1/2019). 

WARTA KOTA, BEKASI --- Pemerintah Kota Bekasi membongkar ratusan lapak pedagang kaki lima (PKL) Pasar Baru Bekasi di Jalan Moh Yamin dan Juanda Bekasi Timur, Selasa (15/1/2019).

Meskipun sempat ada perlawanan namun, penertiban para pedagang tersebut berjalan kondusif.

Kepala Bidang Pasar dalam Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi Romi mengatakan, penertiban dilakukan petugas gabungan yakni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan.

Penertiban itu dilakukan setelah melalui proses panjang selama dua bulan.

Penertiban PKL Liar Kota Tua Ricuh, Petugas dan PKL Nyaris Adu Jotos

"Sebelum penertiban ini dimulai mekanisme adminsitrasi, sosialisasi dan pemberitahuan sampailah saatnya ini kita lakukan penertiban. Sempat ada miss tapi intinya mereka mau ditertibkan," kata Romi, Selasa (15/1/2019).

Dia menjelaskan bahwa  sekitar 120 pedagang itu akan direlokasi di Blok II Pasar Baru Bekasi.

"Kita bongkar dan dipindah di Blok II, kalau ada yang harus diperbaiki atau kekurangan-kekurangan di lokasi relokasi kita perbaiki. Untuk awal selama enam bulan kita berikan gratis sewa," ucap Romi.

Usai penertiban, dia meminta semua instansi terkait bisa sama-sama melakukan pengawasan terhadap para PKL itu agar tidak kembali berjualan di jalan.

Jelang Natal 2018, Kecamatan Jatinegara Lakukan Penertiban PKL dan PMKS

"Sesuai Surat Keputusan (SK) Walikota, pasca-nya nanti saya minta SKPD terkait Satpol PP dan Dishub melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing," ucapnya.

Sementara itu, Dwi Harianto, pedagang buah yang sudah berjualan 34 tahun, sempat melakukan aksi protes atas penertiban itu.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved