VIDEO: Begini Suasana di Rumah Cimanggis yang Resmi Menjadi Cagar Budaya di Depok

kondisi Gedung Tinggi Rumah Cimanggis peninggalan Gubernur VoC ke-29 Jenderal Albertus van Der Parra terlihat lebih baik.

Setelah ditetapkan sebagai situs cagar budaya pada September 2018 lalu, kondisi Gedung Tinggi Rumah Cimanggis peninggalan Gubernur VoC ke-29 Jenderal Albertus van Der Parra terlihat lebih baik.

Rumah Cimanggis berada di Kompleks RRI Cimanggis, Depok di atas lahan seluas kurang lebih 1.000 meter persegi. Rumah Cimanggis sudah berdiri sejak 1771 hingga tahun 1778.

Saat Kompas.com mengunjungi rumah Cimanggis pada Senin (14/1/2019), tampak di samping kanan, kiri, dan belakang rumah dikelilingi tumbuh-tumbuhan ilalang.

Hanya depan rumah tersebut yang tampak lebih bersih dari tumbuh-tumbuhan ilalang atau akar belukar.

Rumah itu tak memiliki atap, namun pintu kayu jati yang kokoh terlihat masih berfungsi dengan baik. Saat memasuki rumah, nampak tumbuh-tumbuhan dan pohon yang tumbuh tinggi di dalam rumah tersebut.

Beberapa pepohonan pun sudah ditebang, hanya terlihat akar, batang pohon, dan tinggal kurang lebih dua atau tiga pohon yang masih berdiri tinggi di bagian dalam rumah.

Potongan kayu-kayu rumah tersebut tampak dikumpulkan di ruang tamu. Jendela-jendela rumah yang terbuat dari kayu pun tampak masih kokoh walau tidak dilengkapi kaca.

Ornamen-ornamen di atas pintu rumah yang menjadi simbol keluarga Belanda pun masih terlihat jelas menghiasi rumah itu.

Ketua Umum Depok Heritage Community Ratu Farah Diba membenarkan adanya perubahan di Gedung Tinggi Rumah Cimanggis setelah penetapannya menjadi Cagar Budaya Kota Depok.

“Pembersihan pertama kali dimulai pasca-penetapan sebagai bangunan cagar budaya. Dari segi kebersihan jauh lebih baik. Lebih bersih sekarang kan, terlihat ya sudah nampak dinding dan lantai bahkan rangka atapnya. Kami sudah lakukan bersih-bersih dari belukar hingga ke pengangkatan puing-puing dari dalam rumah ke luar,” ujar Farah saat dihubungi Kompas.com, Senin siang.

Halaman
123
Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved