Sudin LH Jakbar Tambah Armada untuk Memaksimalkan Pengangkutan Sampah

Konsep dari Dinas LH untuk menciptakan angkutan sampah yang lebih ramah lingkungan.

Sudin LH Jakbar Tambah Armada untuk Memaksimalkan Pengangkutan Sampah
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ilustrasi pengangkutan sampah. 

Guna memaksimalkan pengangkutan sampah Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Barat menambah armada pengangkut berupa truk compactor.

Total ada penambahan delapan unit truk compactor untuk pengangkutan sampahp ada tahun ini.

Kasudin LH Jakarta Barat Edy Mulyanto mengatakan, penambahan truk compactor untuk pengangkutan sampah itu merupakan konsep dari Dinas LH untuk menciptakan angkutan sampah yang lebih ramah lingkungan.

"Ada delapan unit semuanya. Jadi total sudah ada 44 unit di Jakarta Barat," kata Kasudin LH Jakarta Barat Edy Mulyanto, Senin (14/1/2019).

Dirinya menyebut truk compactor yang lebih modern dapat mengangkut sampah tanpa harus mencemari lingkungan, seperti halnya yang terjadi pada jenis truk terbuka. Sehingga sampah-sampah yang diangkut tidak tercecer di jalan yang justru mencemari lingkungan.

"Jadi untuk ceceran air legit sampahnya itu gak akan berceceran di jalan karena sudah tertampung, itu tertutup dan juga menghindari bau kan kalau terbuka kalau pun pake terpal kadang-kadang masih ada baunya," ujarnya.

Selain itu kapasitas angkut dari truk ini juga lebih banyak. Nantinya, truk compactor juga akan mengangkut sampah secara otomatis dari tong sampah atau dustbin buatan Jerman yang sempat viral.

"Truk compactor juga meringankan penggunaan tenaga manusia karena tandemnya adalah tong dustbin. Jadi kan beroda tong dustbin-nya tinggal didorong ke bodi belakang truk compactor, nanti ada tombolnya otomatis nanti naik masuk tongnya ke dalam truk," ucapnya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved