Pegawai Honorer Usia 55 Tahun Lebih Bisa Lamar Bidang Lain

Alasan kenapa di Badan Air boleh (di atas 55 tahun) karena jumlah sampahnya tidak terlalu besar, sedangkan di UPST lingkupnya tidak terlalu besar.

Pegawai Honorer Usia 55 Tahun Lebih Bisa Lamar Bidang Lain
Instagram/Hotmanparisofficial
Pegawai honorer Dinas Kebersihan mengadu pada Hotman Paris Hutapea di Kopi Johny 

POLEMIK terkait ketentuan batas usia bagi pegawai honorer dalam perekrutan pegawai honorer dalam lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta ditanggapi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yusiono Anwar Supalal.

Pria yang akrab disapa Yosi itu menyebut, peraturan tersebut bukan merupakan bentuk diskriminasi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta terhadap para pegawai honorer.

Kebijakan tersebut justru katanya sebagai bentuk perlindungan kepada para pegawai, khusnya pegawai berusia lanjut.

"Resiko bekerja di darat itu lebih besar dibandingkan dengan bekerja di badan air, sehingga apabila yang nyetir (sopir truk sampah) ini contohnya, umurnya sudah di atas yang ditentukan (55 tahun), itu khawatir resiko yang tinggi," ungkap Yosi ditemui di Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Cililitan, Jakarta Timur pada Senin (14/1/2019).

"Itu salah satu pertimbangan kenapa disusun peraturan tersebut. Jadi yang pasti itu bukan diskriminasi, tapi melindungi yang bersangkutan (pegawai honorer)," ujar Yusiono Anwar Supalal.

Oleh karena itu, menurut Yusiono Anwar Supalal, pembatasan usia hingga 55 tahun bagi calon pegawai honorer atau Pekerja Harian Lepas (PHL) atau kini disebut Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) dalam perekrutan di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI sangat tepat.

Apalagi mereka yang tidak dapat mengurus pemberkasan atau perpanjangan kontrak dapat mengajukan permohonan lamaran ke bidang lain di Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, seperti Unit Pengelola Kawasan (UPK) Badan Air ataupun Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST).

Kedua bidang tersebut, katanya, memiliki resiko pekerjaan yang lebih rendah dibandingkan sejumlah bidang lain di Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Karena itu, bagi calon pegawai honorer yang berusia di atas 55 tahun dapat melampirkan surat tanda sehat atau medical check up dalam surat lamaran.

"Alasan kenapa di Badan Air boleh (usia di atas 55 tahun) karena jumlah sampahnya tidak terlalu besar, sedangkan di UPST itu kan lingkupnya tidak terlalu besar. Sehingga apabila mereka mau mendaftar (melamar pekerjaan) di Badan Air atau UPST sebenarnya dipersilahkan," ungkap Yusiono Anwar Supalal.

Halaman
1234
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved