CVR Lion AIir PK-LQP Ditemukan Terlepas dari Unit Utuhnya

Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang ditemukan pada Senin (14/1) sekira pukul 08.45 WIB sudah dalam kondisi tidak utuh.

CVR Lion AIir PK-LQP Ditemukan Terlepas dari Unit Utuhnya
ISTIMEWA
Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat telah ditemukan, Senin (14/1/2018). 

Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang ditemukan pada Senin (14/1) sekira pukul 08.45 WIB sudah dalam kondisi tidak utuh.

Alhasil petugas sempat kesulitan melakukan pencarian CVR.

“CVR ini kalau kita boleh jelaskan sudah terlepas dari unit aslinya dan baterai yang biasanya nempel sudah terlepas sehingga inilah yang membuat tantangan kita untuk mencari,” kata Investigator KNKT Ony Suryowibowo, Senin (14/1/2019).

Meski demikian, Ony menceritakan sebenarnya ping locater masih bisa berfungsi hingga 90 hari. Hanya saja dengan terlepasnya dari unit asli, mengakibatkan ada pelemahan pada baterai.

“Sehingga itu lah yang menyulitkan kita untuk mencari. Tapi dengan seluruh usaha dan doa seluruh rakyat Indonesia jadi kita bisa mendapatkan ini,” ucapnya.

Ony mengatakan CVR yang ditemukan sejatinya berada pada bagian belakang kargo sebelah kanan.

Sementara untuk Flight Data Recoder (FDR) posisinya berada di atas plafon pesawat.

“Kita akan coba nanti download di KNKT. Mudah-mudahan nanti di KNKT kita berhasil untuk mendownload sehingga bisa kita sampaikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved