Bukan Cuma Pegawai Kebersihan, Semua Pegawai Honorer Terancam Batasan Usia 55 Tahun

Pasalnya, SK Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengikat seluruh pegawai honorer yang berusia di atas 55 tahun.

Bukan Cuma Pegawai Kebersihan, Semua Pegawai Honorer Terancam Batasan Usia 55 Tahun
Instagram/Hotmanparisofficial
Pegawai honorer Dinas Kebersihan mengadu pada Hotman Paris di Kopi Johny 

VIRALNYA video curhat sejumlah pegawai honorer kebersihan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta kepada Hotman Paris Hetapea di Kopi Johny, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Sabtu (12/1/2019) rupanya sejalan dengan ribuan pegawai honorer di bawah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Pasalnya, Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengikat seluruh pegawai honorer yang berusia di atas 55 tahun.

Kenyataan itu disampaikan oleh Mael (35) salah satu petugas Unit Pengelola Kawasan (UPK) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Dirinya yang bertugas di Setu Rawa Dongkal, Cibubur, Ciracas, Jakarta itu menyebutkan ketentuan tersebut juga mengatur tentang perekrutan pegawai honorer UPK Badan Air.

Hanya saja, berbeda dengan pegawai honorer kebersihan, pegawai honorer UPK Badan Air katanya masih diberikan toleransi bagi para calon pegawai yang berusia 55 tahun atau lebih.

Toleransi itu adalah penyertaan surat tanda sehat atau medical checkup dari rumah sakit saat mengajukan permohonan lamaran atau perpanjangan kontrak.

Ratusan PNS Kota Depok Kegemukan

Tarif Parkir untuk PNS DKI di IRTI Monas Naik 8 Kali Lipat

"Sebenarnya peraturan itu mengikat ke semuanya, bukan cuma (calon pegawai) kebersihan aja, tapi juga UPK Badan Air. Jadi kalau dibilang diskriminasi nggak juga, karena memang semuanya berlaku, cuma kalau UPK Badan Air itu harus nyertain surat sehat dari rumah sakit buat yang pemberkasan (perpanjangan kontrak) usianya 55 tahun atau lebih," ungkap Mael ditemui di pos jaga Setu Rawa Dongkal pada Senin (14/1/2019).

Toleransi yang diberikan kepada pegawai honorer UPK Badan Air tersebut lanjutnya, dipertanyakan oleh para pegawai kebersihan, bukan hanya yang mengadu kepada Hotman Paris, tetapi seluruh pegawai honorer yang usianya menjelang 55 tahun.

Alasannya diungkapkan Mael karena para pegawai merasa pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan antara pegawai honorer kebersihan dengan pegawai honorer UPK Badan Air adalah serupa.

"Kalau saya perhatiin sih memang sama tugas sama tanggung jawabnya, tapi kan itu sudah keputusan pimpinan. Kita yang honorer cuma bisa ikutin aturan," ungkap Mael.

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved