Permukiman Kumuh

Ratusan Hektar Wilayah di Bekasi Tercatat sebagai Permukiman Kumuh

Sebanyak 56 kelurahan di Kota Bekasi memiliki daerah kumuh. Pemerintah setempat pun berusaha mengentaskan kekumuhan tersebut.

Ratusan Hektar Wilayah di Bekasi Tercatat sebagai Permukiman Kumuh
Warta Kota/Fitriandi Al Fajri
Jamban atau tempat buang air besar pernah berdiri di atas Saluran Sekunder (SS) Kali Bekasi, Kelurahan Teluk Buyung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi beberapa waktu lalu. Alasannya,tidak ada toilet di rumah sehingga warga membuang kotorannya di SS Kali Bekasi. 

WARTA KOTA, BEKASI --- Sekitar  329 hektar di Kota Bekasi tercatat sebagai daerah kumuh. Pemerintah setempah pun berusaha mengentaskan kekumuhan tersebut.

Seluruh kawasan itu tersebar di 56 kelurahan yang berada di 12 kecamatan Kota Bekasi yang luas total lahan 127.388 hektar.

Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi Imas Asiah mengklaim bahwa pemerintah sudah menanggulangi kawasan kumuh itu.

Menurut dia, sejak dua tahun lalu, tercatat ada 114 hektar dari total lahan kumuh 443 hektar yang sudah direvitalisasi.

Pemukiman Kumuh Pinggir Rel KA Stasiun Grogol Terbakar, KRL Lintas Duri-Tangerang Terganggu

“Penataan kawasan kumuh dilakukan secara bertahap. Tahun inipun pemerintah kembali merevitalisasi kawasan kumuh, sehingga masyarakat bisa hidup nyaman,” kata Imas, Minggu (13/1/2019).

Imas mengatakan, tahun 2019 pemerintah pusat melalui pemerintah daerah telah mengalokasikan dana revitalisasi di wilayah setempat.

Setiap kelurahan bakal mendapat dana bantuan sekitar Rp 1,5 miliar untuk menata lingkungannya.

Di samping itu, Kota Bekasi juga tengah menggiatkan program Kotaku dengan merombak lingkungan dan hunian warga di sembilan kelurahan yang menjadi prioritas pemerintah.

Setiap pemilik bangunan akan mendapat dana bantuan sekitar Rp 18 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi untuk merehabilitasi huniannya.

Kesembilan kelurahan itu adalah Kelurahan Jatisari, Mustikasari, Harapan Mulya, Medan Satria, Bantar Gebang, Kaliabang Tengah, Kalibaru, Pejuang dan Teluk Pucung.

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved