Kemenhub Undang Pelajar Bekasi Dialog Nasional Terkait Pentingnya Pembangunan Infrastruktur

Kemenhub Undang Ratusan Pelajar Bekasi Lakukan Dialog Nasional Terkait Pentingnya Pembangunan Infrastruktur.

Kemenhub Undang Pelajar Bekasi Dialog Nasional Terkait Pentingnya Pembangunan Infrastruktur
Muhammad Azzam
Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Pendidikan menggelar dialog nasional dengan mengundang sejumlah sekolah SMA, SMK Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) di Kabupaten Bekasi, di Papandayan Ballroom, Plaza Metropolitan, Tambun, Kabupaten Bekasi, Sabtu (12/1/2019). 

KEMENTERIAN Perhubungan bersama Kementerian Pendidikan menggelar dialog nasional dengan mengundang sejumlah sekolah SMA, SMK Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) di Kabupaten Bekasi.

Acara yang mengusung tema 'Restorasi Pendidikan dan Pengajaran untuk Peradaban Indonesia Baru' dilakukan di Papandayan Ballroom, Plaza Metropolitan, Tambun, Kabupaten Bekasi, Sabtu (12/1/2019).

Dalam kegiatan itu dihadiri Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy dan Staf Khusus Kementerian Perhubungan Wihana Kirana.

Para pelajar diajak untuk memahami bagiamana proses pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung di Indonesia sebagai bentuk upaya mengubah peradaban.

Acara dialog berlangsung santai dengan diselipi kuis berhadiah yang berikan kepada para pelajar. Dialog itu menerangkan petingnya pembangunan infrastruktur dengan dibarengi penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Staf Khusus Kementerian Perhubungan Wihana Kirana mengatakan kegiatan ini merupakan rutin dilakukan Kementerian Perhubungan dengan bekerjasama dengan berbagai Kementerian lainnya.

Dialog kali ini mengundang Menteri Pendidikan agar bisa sama-sama memahami soal pembangunan infrastruktur yang harus dibarengi dengan kesiapan sumber daya manusia.

"Kita sadar infrastruktur dibangun untuk kesatuan, dan kemajuan khususnya dari segi industri. Tapi harus juga dipersiapkan para pelajar ini agar setelah mereka lulus bisa ikut dalam pembangunan itu," katanya kepada Wartawan, Sabtu (12/1/2019).

Ia mengungkapkan para pelajar harus mengetahui fungsi dan pentingnya infrastruktur yang sedang dibangun pemerintah. Infrastruktur ini dapat membuat Indonesia melangkah lebih maju bersaing dengan negara maju lainnya.

"Infrastruktur akan membangun ekonomi, efeknya akan terasa jangka panjang. Sehingga memang pendidikan transportasi dan cara pandang soal pembangunan infrastruktur ini harus dibenar dan perlu persiapan khususnya para anak muda ini yany nanti akan berpartisipasi dalam dunia industri," ungkapnya.

Sementara Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy mengatakan kegiatan dialog ini kerjasama antara Kemenhub dengan Kemdikbud dalan rangka sosialisasi untuk menjelaskan tentang capaian capaian yang telah diraih dalam kebinet kerja Presiden Joko Widodo, terutama soal infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur harus dibarengi dengan penguatan sumber daya manusia. Pasalnya, perkembangan infrastruktur bakal memajukan perkembangan industri. Saat itulah SDM harus memiliki kualitas dan daya saing yang kuat.

"Pembangunan infrastruktur dengan pembangunan SDM, itu tidak bisa dilepaskan. Kami (Kemendikbud) bakal melakukan langkah-langkah penguatan agar para siswa siap menghadapi perubahan dan proses kemajuan teknologi yang begitu cepat. Kita siapkan siswa SMA dan SMK dan pelajar lainnya yang kreatif dan berkualitas agar mampu menjadi suatu unsur perubahan untuk Indonesia lebih maju," paparnya.

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved