Kesehatan

Ini Tanda-tanda Ibu Hamil yang Terkena Diabetes Gestasional

Selama perjalanan masa kehamilan terkadang menemui masalah. Salah satunya terkena diabetes yang dikenal dengan diabetes gestasional.

Ini Tanda-tanda Ibu Hamil yang Terkena Diabetes Gestasional
parenting.firstcry.com
ILUSTRASI Ibu hamil 

SEMUA Ibu pasti mendambakan kehamilan yang sehat. Bayinya kelak bisa lahir dengan lancar dan sehat.

Namun, selama perjalanan masa kehamilan terkadang menemui masalah. Salah satunya terkena diabetes yang dikenal dengan diabetes gestasional.

Berbeda dengan diabetes jenis lain, diabetes gestasional adalah kondisi naiknya gula darah secara drastis pada saat kehamilan saja. Penyakit ini umumnya terjadi pada minggu ke-24 hingga ke-28 kehamilan dan dapat berlangsung hingga proses melahirkan.

Perempuan yang Punya Riwayat Diabetes Lebih Sulit Hamil

Seperti diketahui diabetes atau awam menyebutnya sakit kencing manis, selain diabetes gestasional ada 2 tipe lain.

Diabetes tipe 1 merupakan diabetes yang terjadi sejak anak-anak dan tidak bisa dikendalikan tanpa insulin.

Sementara diabates tipe 2 lebih banyak disebabkan gaya hidup yang tidak sehat. Berat badan berlebih dan awalnya bisa diobati dengan obat dan perubahan gaya hidup.

Penyebab Diabates Gestasional

Dr Handojo Tjandra, MD., MMed O&G (M'Sia)., Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetrics & Gynecology OMNI Hospitals Alam Sutera, mengatakan, diabetes gestasional terjadi karena beberapa hal, seperti akibat obesitas (kegemukan), adanya riwayat diabetes pada keluarga dan terkena diabetes pada kehamilan sebelumnya.

Kemudian, riwayat bayi besar pada persalinan sebelumnya (bayi lahir dengan berat di atas 4 kg), kenaikan berat badan berlebihan selama kehamilan, dan sindrom ovarium polikistik (Poly Cystic Ovarian Syndrome).

Penyebab pasti terjadinya diabetes pada ibu hamil masih belum diketahui. Namun, ada kemungkinan hormon ikut berperan karena tubuh perempuan menghasilkan beberapa hormon dalam jumlah banyak pada saat hamil.

Halaman
123
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved