News

Hidupkan Tradisi Keagamaan, Pemprov Buat Gerakan Magrib Mengaji

Tujuan dibentuknya program ini, yakni untuk menghidupkan kembali tradisi keagamaan.

Hidupkan Tradisi Keagamaan, Pemprov Buat Gerakan Magrib Mengaji
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan 

WARTA KOTA, GAMBIR - Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengatakan pelaksanaan program 'Magrib Mengaji' merupakan tindak lanjut dari permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menciptakan suasana keagaman yang lebih baik.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Warta Kota/Anggie Lianda Putri)

"Magrib mengaji itu program pembinaan mental dan spiritual masyarakat, ini pesan dari Pak Gubernur, minta supaya menciptakan suasana keagamaan yang lebih bagus lagi," ujar Marullah saat dihubungi, Sabtu (12/1/2019).

Ia menjelaskan tujuan dibentuknya program ini, yakni untuk menghidupkan kembali tradisi keagamaan yang kini kurang populer di masyarakat.

Selain itu, Marullah meyakini Masjid ataupun Mushalla yang dipakai untuk kegiatan ini bisa menjadi tempat aman 'safety house' bagi remaja yang berumur tanggung.

"Saya yakin mereka berada di tempat aman dan jauh dari kemungkinan-kemungkinan terkontaminasi perilaku yang kurang baik. Misalnya kalau mereka magrib masih ada di perempatan jalan, takutnya mereka melakukan hal yang tidak terpuji, usil, tawuran, berkelahi atau malah narkoba," ungkap Marullah.

Dengan program ini Marullah berharap bisa meminimalisir kenalakan remaja sehingga generasi muda bisa terlindungi dari hal yang bersifat negtif.

Menurut Marullah program Magrib Mengaji sebenarnya sudah ada sejak 2018 lalu, namun pembiayaannya dengan sistem swadaya masyarakat.

Sementara pada 2019, setiap kelurahan sudah mendapatkan anggaran untuk melaksanakan program tersebut maksimal empat kali dalam sebulan.

"(Anggaran) nanti tanya sama lurah masing-masing, angkanya saya lupa, pokoknya kira-kira satu kali pelaksanaan itu sekitar Rp500.000 lebih dikit," ucap Marullah. (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved