VIDEO: Sampah di Kali Bancong Pejuang Bekasi Mulai Dibersihkan

Tumpukan sampah di Kali Bancong, Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria mulai diangkut pada Jumat (11/1/2019)

Tumpukan sampah di Kali Bancong, Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria mulai diangkut pada Jumat (11/1/2019)

Pantauan Wartakota, sejumlah petugas terjun ke dalam kali untuk mengurai sampah sebelum diangkut alat berat beko. Tumpukan sampah itu ditaruh dipinggir kali sebelum nanti diangkut.

Lurah Pejuang Isnaini mengatakan dalam pengangkutan dikerahkan satu alat berat beko, empat truk untuk mengangkut sampah dan 22 personil.

"Hari ini tim pematusan Dinas Sumber Daya Air mulai lakukan pengangkutan, sampah-sampah itu nanti diangkut ke lahan kosong di wilayah Pejuang terlebih dahulu di Pejuang untuk nanti baru diangkut ke Bantar gebang," katanya kepada Wartawan di lokasi, Jumat (11/1/2019).

Ia mengungkapkan proses pembersihan sampah tidak ada batas waktu. Pengangkutan dilakukan hingga kondisi kali bersih.

"Kita tidak ada target, pokoknya sampah tumpukan sampah itu bersih," ucapnya.

Ia berharap kedepan agar masyarakat bisa meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan lingkungan.

"Kita akan perintahkan RT/RW agar selalu memperhatikan kebersihan jangan buang sampah di kali. Kita juga akan koordinasi dengan wilayah lain karena sampah ini juga kiriman dari hulu atau wilayah lain di Kota Bekasi. Jadi jangan main salah salahan, kita sama-sama tuntaskan ini, termasuk dengan wilayah Kabupaten Bekasi," paparnya

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi menuding tumpukan sampah yang terjadi di Kali Pisang Batu, Kecamatan Tarumajaya berasal dari wilayah Kota Bekasi.

Penelusuran Wartakota, sumbangan sampah dari Kota Bekasi itu masuk melalui Kali Bancong tepatnya di RT 4, RW 22 Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria.

Dilokasi itu nampak tumpukan sampah yang tertahan. Lokasi itu berada dekat Perumahan Taman Harapan Baru diperbatasan Desa Setia Asih Kabupaten Bekasi dan Kelurahan Pejuang Kota Bekasi.

Pantauan Wartakota, tumpukan sampah itu memenuhi permukaan Kali Bancong sekitar 100 meter. Sampah-sampah itu didominasi dengan sampah rumah tangga seperti plastik, styrofoam, kayu bahkan kasur. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved