Sampah di Kali Pisang Batu Bekasi Sisa 20 Persen Lagi

DINAS Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi terus berupaya mengangkut tumpukan sampah di Kali Pisang Batu, Kecamatan Tarumajaya.

Sampah di Kali Pisang Batu Bekasi Sisa 20 Persen Lagi
WARTA KOTA/MUHAMMAD AZZAM
Kali Pisang Batu di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi sudah mulai bersih dari tumpukan sampah, setelah hampir sepekan dibersihkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi. 

DINAS Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi terus berupaya mengangkut tumpukan sampah di Kali Pisang Batu, Kecamatan Tarumajaya.

Pengangkutan sampah itu sudah dimulai sejak Sabtu (5/1/2019) pekan lalu. Pantauan Warta Kota, kondisi Kali Pisang Batu sudah jauh lebih baik jika dibandingkan pada dua pekan lalu. Tumpukan sampah sudah tidak memenuhi seluruh lebar kali, hanya tersisa sekitar 300 meter yang belum diangkut.

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Dodi Agus Suprianto mengatakan, proses pengangkutan sampah telah mencapai 80 persen, dan direncanakan selesai paling lambat besok.

Megawati Minta Kadernya Jangan Bertengkar karena Rebutan Kursi

"Sisa 20 persen tumpukan sampah yang belum diangkut, kita usahakan selesai sore ini. Ya paling lambat besok," katanya kepada wartawan, Jumat (11/1/2019)

Dodi menjelaskan, sejak sekitar satu pekan pengangkutan, total volume sampah hampir mencapai 1.700 ton. Sampah-sampah itu diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng.

Ke depan, lanjut Dodi, agar tidak muncul kembali tumpukan sampah, pihaknya akan menempatan satu petugas kebersihan untuk mengawasi dan menjaga kebersihan kali.

Akui Sumbang Sampah ke Kali Pisang Batu, Wali Kota Bekasi Minta Diselesaikan Secara Nasional

"Permintaan dari Kepala Desa, kami akan menempatkan satu desa satu petugas, dengan diangkat oleh petugas kebersihan kita, jadi dia standby setiap hari," jelasnya.

Ia menambahkan, upaya lain yang dilakukan, seluruh aparat desa dan kecamatan mengimbau dan menyadarkan warga agar tidak membuang sampah ke kali.

"Sampah-sampah liar memang marak di beberapa kecamatan, tapi dalam rapat kita sudah minta semua aparat desa dan camat untuk bisa bersama-sama dengan masyarakat menjaga lingkungan setempat khususnya kali," paparnya.

Sebelumnya, tumpukan sampah di Kali Pisang Batu di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, mengular hingga 1,5 kilometer, bahkan terlihat seperti daratan baru. (*)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved