Pilpres 2019

Konten Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Buatan Guru SMP Banten Beda dengan Buatan Bagus Bawana

"Tersangka MIK yang merupakan guru SMP ini berperan memposting kalimat yang dibuat sendiri di twitternya," kata Argo Yuwono, Jumat (11/1/2019)

Konten Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Buatan Guru SMP Banten Beda dengan Buatan Bagus Bawana
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
MIK (38) guru SMP asal Cilegon, Banten, pembuat dan penyebar konten hoaks tentang tujuh kontainer surat suara tercoblos. 

SUBDIT Cyber Crime Polda Metro Jaya memastikan bahwa konten hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos, yang dibuat MIK (38) guru SMP asal Cilegon, Banten, berbeda dengan konten hoaks yang dibuat Bagus Bawana Putra (51), warga Bekasi, Jawa Barat yang dibekuk Bareskrim Mabes Polri.

Jika Bagus membuat konten narasi dan rekaman suara yang diposting di media sosialnya pada Selasa (1/1/2019) dan Rabu (2/1/2019),  MIK membuat konten narasi yang lebih pendek dan diposting pada Rabu (2/1/2019).

"Tersangka MIK yang merupakan guru SMP ini berperan memposting kalimat yang dibuat sendiri di twitternya," kata Argo di Mapolda Metro, Jumat (11/1/2019).

Kalimat hoaks yang diposting MIK di twitternya, kata Argo adalah 'Harap ditindaklanjuti, informasi berikut:
DI TANJUNG PRIOK ADA 7 KONTAINER BERISI 80JT SURAT SUARA YANG SUDAH DI COBLOS. HAYO PADI MERAPAT PASTI DARI TIONGKOK TUH.'

Dalam tulisan itu, lanjut Argo, pelaku juga menyisipkan capture yang bertulisan 'Viralkan! Info dari sumber yang dipercaya, posisi paslon nomor 1 unggul hanya tinggal di 4 propinsi Jateng, NTT, Bali dan Papua.'

Konten itu kata Argo dipastikan berbeda dengan konten narasi dan rekaman suara yang diposting BBP. Meski kata dia, temanya sama.

Argo menuturkan dari pemeriksaan diketahui MIK merupakan pendukung pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Hal itu kata Argo diketahui dari pengakuan tersangka kepada penyidik.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap tersangka MIK, ia mengaku sebagai tim pendukung paslon capres nomor 02. Yang bersangkutan mengaku juga membuat narasi kalimat postingan hoaks di akun itu, dengan cara dibuat sendiri dan dengan maksud memberitahukan kepada para tim pendukung paslon 02 tentang info tersebut," kata Argo.

MIK katanya diketahui menyebarkan konten hoaks yang dibuatnya sendiri melalui akun twitter miliknya @chiecilihie80.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved