Anies Bersyukur dan Tak Kapok Hadiri Acara Partai Usai Putusan Salam Dua Jari Tak Langgar Hukum

Karena Bawaslu memanggilnya, maka dia memenuhinya sebagai warga negara. Dia menghormati institusi Bawaslu.

Anies Bersyukur dan Tak Kapok Hadiri Acara Partai Usai Putusan Salam Dua Jari Tak Langgar Hukum
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku bersyukur atas keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor yang menyatakan dirinya tak melanggar unsur pidana dalam acara Konferensi Nasional Partai Gerindra di Sentul, Senin (17/12/2018) lalu.

"Saya sih Alhamdulillah, meskipun saya kemarin selalu fokus pada Jakarta dan karena Bawaslu memanggil saya memenuhi sebagai warga negara. Saya menghormati institusi Bawaslu," ujar Anies di Ecovention Ancol Jakarta Utara, Jumat (11/1/2019).

Ia mengapresiasi kinerja Bawaslu Kabupaten Bogor dan berpesan agar pada proses kampanye hingga Pemilu ataupun Pilpres nanti, Bawaslu bisa lebih fokus pada hal-hal yang bersifat substansial.

"Ada banyak hal yang bisa dilaporkan, tapi kalau kita merespon pada setiap laporan tanpa memikirkan tentang substansinya, nanti proses kampanye kita menjadi proses kampanye yang fokus pada hal remeh-temeh. Dari saya apresiasi mudah-mudahan ini menjadi pelajaran bagi semuanya supaya fokus pada substansi," ungkap Anies.

Iapun mengaku tidak kapok untuk menghadiri acara-acara yang dibuat oleh partainya dan menegaskan jika memang ada laporan memang harus ditanggapi dan dilakukan verifikasi.

"Enggak. Bukan soal kapok atau tidak karena memang persoalannya lebih pada ada laporan. Kalau ada laporan penting untuk dilakukan verifikasi, penting dilakukan untuk melihat kelayakan, kepatutan sebelum kemudian setiap laporan dianggap sebagai sesuatu yang serius," ucap Anies.

Iapun menyarankan umtuk kedepannya Bawaslu utamakan dalam menilai setiap laporan harus menggunakan akal yanh sehat sehingga bisa memilih mana yang layak ditanggapi ataupun tidak.

"Saya katakan di dalam ruangan itu gunakan ke akal sehatan dalam menilai setiap laporan. Jadi kalau kita menggunakan akal sehat, kewajaran, maka laporan-laporan itu dinilai saja mana yang layak mana yang tidak," ucap Anies.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved