Akui Sumbang Sampah ke Kali Pisang Batu, Wali Kota Bekasi Minta Diselesaikan Secara Nasional

PEMERINTAH Kota Bekasi mengakui menyumbang sampah dari wilayahnya ke Kali Pisang Batu Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Akui Sumbang Sampah ke Kali Pisang Batu, Wali Kota Bekasi Minta Diselesaikan Secara Nasional
Warta Kota/Muhammad Azzam
Tumpukan sampah di Kali Pisang Batu di Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Kamis (3/1/2019). 

PEMERINTAH Kota Bekasi mengakui menyumbang sampah dari wilayahnya ke Kali Pisang Batu Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Aliran sampah itu melewati Kali Bancong di wilayah Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, yang berbatasan dengan Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

"Kalau dibilang sampah dari Kota Bekasi, saya jawab iya, tapi itu tidak semuanya, karena hulu kali itu juga dari Bogor. Tapi, saya juga enggak bisa bilang sampah itu dari Bogor, karena ada hulunya lagi," tutur Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Jumat (11/1/2019).

Aparat KPK Gadungan Bergentayangan, Ini Nomor Telepon dan Modus yang Mereka Gunakan

Rahmat Effendi meminta adanya kerja sama secara nasional untuk mengatasi masalah sampah di aliran kali tersebut. Sebab, aliran Kali Pisang Batu melewati Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, hingga DKI Jakarta.

"Jadi harus diselesaikan secara nasional, pemerintah pusat, provinsi hingga kota dan kabupaten turun sama-sama menyelesaikan ini, kita bekerja sama, apalagi di wilayah perbatasan ini," katanya.

Ia menjelaskan, untuk persoalan sampah di perbatasan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Plt Bupati Bekasi.

Jokowi: PDIP Bersyukur Memiliki Megawati

"Kita sudah bicara dengan Plt Bupati, nanti kita sama-sama bersihkan dan angkut sampah. Termasuk solusi agar ke depannya tidak terulang," ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi menuding tumpukan sampah yang terjadi di Kali Pisang Batu, Kecamatan Tarumajaya sepanjang 1,5 kilometer, berasal dari wilayah Kota Bekasi.

Penelusuran Warta Kota, sumbangan sampah dari Kota Bekasi itu masuk melalui Kali Bancong, tepatnya di RT 4, RW 22 Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria.

Polisi Kembali Limpahkan Berkas Kasus Ratna Sarumpaet ke Kejaksaan, Kali Ini Yakin P-21

Di lokasi itu tampak tumpukan sampah yang tertahan. Lokasi itu berada dekat Perumahan Taman Harapan Baru di perbatasan Desa Setia Asih Kabupaten Bekasi dan Kelurahan Pejuang Kota Bekasi.

Tumpukan sampah itu memenuhi permukaan Kali Bancong sekitar 100 meter. Sampah-sampah itu didominasi sampah rumah tangga seperti plastik, styrofoam, kayu, hingga kasur. (*)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved