Wagub Banten Desak Penyelesaian Kawasan Penunjang Wisata Banten Lama Dipercepat

WAKIL Gubernur Banten Andhika Hazrumy memimpin Rapat Koordinasi Penataan Kawasan Penunjang Wisata Banten Lama

Wagub Banten Desak Penyelesaian Kawasan Penunjang Wisata Banten Lama Dipercepat
istimewa
Wagub Banten Andika Hazrumy memimpin Rapat Koordinasi Penataan Kawasan Penunjang Wisata (KPW) Banten Lama, Kamis (10/1/2019) 

WAKIL Gubernur (Wagub) Banten Andhika Hazrumy memimpin Rapat Koordinasi Penataan Kawasan Penunjang Wisata (KPW) Banten Lama.

Didampingi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten Ino S Rawita, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Banten, dengan Wali Kota Serang Syafrudin beserta jajaran OPD Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, bertempat di Ruang Transit Pendopo Gubernur, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Wagub mengharapkan, program revitalisasi Banten Lama bersama-sama bersinergikan antara Pemrov Banten dan Pemkot Serang agar penyelesaian cepat terpenuhi. Sehingga kawasan Banten Lama menjadi kawasan strategis khususnya wisata religi yang ada di Pemprov Banten.

Ambisi Wahidin Halim di Balik Revitalisasi Kawasan Banten Lama

Penataan dan Revitalisasi Tahap Pertama Kawasan Banten Lama Ditargetkan Kelar November 2018

Inisiasi revitalisasi Banten Lama dari Pemprov, lanjutnya, menginginkan adanya ikon Banten yang harus dipertahankan yaitu kawasan wisata religi Banten Lama yang nyaman, bersih dan menjadi salah satu tujuan wisata utama di Banten.

Karena Banten Lama berada di wilayah Pemkot Serang yang juga sebagai etalase ibukota provinsi, maka tata ruang kota juga perlu dibenahi.

Lebih lanjut, Wagub mengaku yakin jika keberhasilan revitalisasi Banten Lama pada gilirannya akan mendorong kemajuan secara umum di Banten.

Hal itu merujuk kepada lokasi Banten Lama yang terletak di Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten.

“Kota Serang ibaratnya sebagai etalase Provinsi Banten. Kalau kemajuan terlihat dan dirasakan dari sini, maka idealnya itu adalah representasi kemajuan Banten secara umum, dengan adanya semangat revitalisasi dan penataan kawasan cagar budaya ini, semoga Kawasan Kesultanan Banten Lama dapat menjadi tujuan pariwisata sejarah dan religi yang membanggakan Provinsi Banten,” ujar Andhika, Kamis (10/1/2019).

Andhika Pratama Tanya Syahrini Soal Reino Barrack: Anda Seperti Infotainment Ya, Julid

Wahidin Halim Bertekad Wisata Banten Dapat Disejajarkan dengan Bali dan Lombok

Berdasarkan hasil evaluasi sejak revitalisasi tahap I hingga kini, terangnya, analisa dan pemetaan perlu dilakukan ketika menghadapi beberapa kendala seperti keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang saat ini sudah masuk kembali kedalam kawasan Masjid Agung Banten Lama, pengelolaan sampah yang belum maksimal, pengaturan arus lalu lintas kendaraan yang masuk-keluar kawasan yang masih semrawut.

Untuk itu percepatan revitalisasi tahap II akan segera dilakukan, agar permasalahan yang dihadapi cepat diatasi dengan baik.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved