Tumpukan Sampah Kali Bancong Pejuang Berasal dari Pasar dan Permukiman Padat

Kondisi Kali Bancong Perumahan Taman Harapan Baru RT 04, RW 22 Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi penuh tumpukan sampah.

Tumpukan Sampah Kali Bancong Pejuang Berasal dari Pasar dan Permukiman Padat
Warta Kota/Muhammad Azzam
Tumpukan sampah di Kali Bancong perbatasan antara Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi menyumbang tumpukan sampah di Kali Pisang Batu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Kamis (10/1/2019). 

KONDISI Kali Bancong Perumahan Taman Harapan Baru RT 04, RW 22 Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi penuh tumpukan sampah.

Tumpukan sampah di Kali Bancong itu juga disinyalir menjadi penyumbang sampah di Kali Pisang Batu, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Dadan Fadhilah (32), petugas keamanan setempat mengatakan tumpukan sampah itu berasal dari Pasar Pejuang dan pemukiman pendudukan di bantaran Kali Bancong.

"Sampah itu buangan dari Pasar Pejuang sama rumah warga sebrang yang tinggal terlalu mepet di Kali Bancong. Main lempar saja kantong plastik isi sampah itu ke Kali. Tapi kalau dari perumahan saya jaga engga ada ya, kita rutin diangkut dan ada tempat pembuangan sementarannya," katanya, Kamis (10/1/2019).

Dadan yang tinggal di wilayah itu sejak lahir mengungkapkan kali itu mulai tercemar dan banyak sampah sekitar tahun 1889.

"Tumpukan semakin banyak, karena engga pernah diangkut. Paling andalkan terbawa aliran kali saat hujan deras," katanya.

Ia menambahkan tumpukan sampah terjadi dilokasi itu dikarenakan kali perbatasan Pejuang Kota Bekasi dengan Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi terjadi penyempitan.

Warga sempat membakar sampah yang menumpuk itu, namun tak bisa maksimal lantaran lembap.

"Segini mah tidak terlalu parah, coba kalau musim kemarau lebih parah lagi. Sampah terus ditumpuk, air surut engga ada air hujan buat mendorong sampah ke hilir kali," paparnya.

Kabupaten Bekasi menuding tumpukan sampah yang terjadi di Kali Pisang Batu, Kecamatan Tarumajaya berasal dari wilayah Kota Bekasi.

Penelusuran Wartakota, sumbangan sampah dari Kota Bekasi itu masuk melalui Kali Bancong tepatnya di RT 4, RW 22 Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria.

Dilokasi itu nampak tumpukan sampah yang tertahan. Lokasi itu berada dekat Perumahan Taman Harapan Baru diperbatasan Desa Setia Asih Kabupaten Bekasi dan Kelurahan Pejuang Kota Bekasi.

Pantauan Wartakota, tumpukan sampah itu memenuhi permukaan Kali Bancong sekitar 100 meter. Sampah-sampah itu didominasi dengan sampah rumah tangga seperti plastik, styrofoam, kayu bahkan kasur. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved